STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS
DOI:
https://doi.org/10.55558/alihda.v19i1.122Keywords:
Karakter, Religius, Guru PAIAbstract
Pendidikan memainkan peran penting dalam mengembangkan potensi individu dan membentuk karakter yang baik. Salah satu tujuan utama pendidikan adalah menciptakan manusia yang berakhlak mulia dan religius. Dalam konteks pendidikan agama Islam (PAI), guru memiliki peran krusial dalam membentuk karakter religius siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi yang digunakan oleh guru PAI dalam membentuk karakter religius siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian mengungkap bahwa guru PAI menggunakan strategi terencana dan sistematis untuk menyampaikan, mentransformasi, dan menginternalisasi nilai-nilai Islam agar siswa dapat membentuk kepribadian muslim yang utuh. Pendidikan karakter religius dalam Islam bertujuan untuk mengembangkan akhlak mulia dan perilaku yang sesuai dengan ajaran Islam. Karakter religius terdiri dari pengetahuan moral, perasaan moral, dan perilaku moral, yang kesemuanya saling terkait. Pendidikan karakter religius tidak hanya mencakup hubungan vertikal dengan Allah, tetapi juga hubungan horizontal dengan sesama manusia dan lingkungan. Pembentukan karakter religius pada siswa membutuhkan keteladanan, pengajaran, dan pembiasaan sikap agamis dalam lingkungan sekolah. Kesimpulannya, strategi guru PAI dalam pendidikan karakter religius memiliki peran penting dalam membentuk generasi muslim yang berakhlak mulia dan bertanggung jawab di tengah-tengah masyarakat.
References
Arif, Mahmud. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah: Teori, Metodologi, dan Implementasi. Yogyakarta : Idea Press.
D. P. K. K. Zubaidi, 2011. Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan.
Djamarah & Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Elearning Pendidikan. 2016. Membangun Karakter Religius Pada Siswa Sekolah Dasar. dalam, (http://www.elearningpendidikan.com).
K. R. Bohlin, E. Karen., Deborah Farmer. 2001. Building Charater in School Resource Guide. San Fransisco: Jossey Bass.
L. Thomas. 1991. Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.
M. Saekan Muchith. (2016). Guru PAI Yang Profesional. Quality, 4, 217-235.
Majid, Abdul. 2011. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Bandung: Rosdakarya
Muhaimin. 2017. Pengembangan Kurikulum PAI di Sekolah Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Grafindo Persada.
Mulyasa. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Naim, Ngainun. 2012. Charakter Building. Yogyakarta: Ar Ruz Media.
Oktari, Dian, Popi & Kosasih, Aceng. 2019. Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28, 42-52 2019.
Sahlan, Asmaun. 2010. mewujudkan budaya religious disekolah (upaya mengembangkan teori ke aksi). Malang: UIN-Maliki Press.
Samani, Muclas & Hariyanto. 2011. Pendidikan Karakter Konsep Dan Model. Bandung: PT Remaja Rodaskarya.
Syafri, Ulil, Amri. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Jakarta: Rajawali Pers.
Tim Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Wali Songo Semarang. 1999. Metodologi Pengajaran Agama.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yusuf, Ali, Anwar. 2003. Studi Agama Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.
Zuhairini, dkk. 2019. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.














