PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PESERTA SEMINAR WIRAUSAHA MUDA NUSANTARA DI SMKN 1 TRENGGALEK
DOI:
https://doi.org/10.55558/alihda.v19i2.158Keywords:
Kepuasan Peserta, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Seminar WirausahaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan peserta Seminar Wirausaha Muda Nusantara di SMKN 1 Trenggalek. Fenomena yang melatarbelakangi penelitian ini adalah adanya keluhan dari peserta terkait pelayanan dan fasilitas yang disediakan oleh penyelenggara seminar, yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan peserta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada peserta seminar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda untuk melihat hubungan antara variabel independen (kualitas pelayanan dan fasilitas) dan variabel dependen (kepuasan peserta). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan fasilitas secara signifikan mempengaruhi kepuasan peserta seminar. Temuan ini menekankan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan dan fasilitas oleh penyelenggara seminar untuk menciptakan pengalaman yang memuaskan bagi peserta. Implikasi penelitian ini menggarisbawahi perlunya investasi yang berkelanjutan dalam pengembangan pelayanan dan fasilitas guna meningkatkan kepuasan peserta seminar, yang pada akhirnya dapat memperkuat citra dan reputasi penyelenggara acara.
References
Eva, Desembrianita, Ruslin,. (2016): Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga Terhadap Keputusan Pelanggan Untuk Menggunakan Jasa Hotel Oval Surabaya, Journal of Research In Economics And Management, STIE Urip, 16 (2): 345-354.
Hamdani, Nizar Alam. (2008). Panduan Membuat Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Tim Editor Rahayasa Training.
Kotler, Philip & Keller, (2007), Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.
Parasuraman A, Valeri A, Zeithmal dan Berry L. Leonard., (2007), “Delivery Quality Service Balancing Customer Perception and Expectation.”
Sumarwan, Ujang. (2003). Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam. Pemasaran, Cetakan Pertama, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Tjiptono, Fandy. (2007). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi
Yamit, Z. (2010). Service and Product Quality Management. Yogyakarta: Ekonisia.
Yunus, & Budiyanto. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 3(2), 6.














