MODEL PEMBELAJARAN DRIBBLING SEPAK BOLA MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.55558/alihda.v19i2.159Keywords:
Dribbling, Pembelajaran, Cooperative, STAD, Sepak Bola, Siswa SMPAbstract
Penelitian ini dibuat untuk menghasilkan model pembelajaran dribbling sepak bola menggunakan metode cooperative tipe student teams achievement division (STAD) untuk siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini menghasilkan produk berupa model pembelajaran dribbling sepak bola menggunakan metode cooperative tipe student teams achievement division (STAD) yang telah melalui tahap revisi dan validasi oleh ahli pembelajaran, ahli sepak bola, serta guru pendidikan jasmani dan menghasilkan 15 model yang telah di ujicobakan di dua sekolah. Hasil survey kemudahan model sebesar 93% dan 81.40% dan kemenarikan model sebesar 92.5% dan 89.14%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa model pembelajaran dribbling sepak bola menggunakan metode cooperative tipe student teams achievement division (STAD) untuk siswa SMP dapat dijadikan acuan untuk proses pembelajaran atau digunakan dalam pembelajaran agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan optimal.
References
Abrori, A. N., Sumadi, C. D., Telang, J. R., Kamal, K., Bangkalan, K., Jawa, P., & Kode, T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas 2 SDN Morkoneng 1. Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(4), 296–315. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i4.2385
Adnyana, M. E. (2020). Implementasi Model Pembelajaran STAD Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 1.
Agustina, R. S. (2020). Buku Jago Sepak Bola (Ira N & Santi, Eds.; 1st ed.). Cemerlang Media Publishing.
Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7.
Alif, M. N., & Sudirjo, E. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani (T. Muhtar, Ed.; 1st ed.). UPI Semedang Press.
Anitra, R. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawdalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6, 8–12.
Anjani, D., & Safitri, I. (2023). Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Karakter Bersahabat/ Komunikatif. Jurnal Basicedu, 7(1), 1065–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4833
Asyafah, A. (2019). Menimbangan Model Pembelajaran(Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 2599–2481. http://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/index
Bozkurt, S., Çoban, M., & Demircan, U. (2020). The effect of football basic technical training using unilateral leg on bilateral leg transfer in male children. Journal of Physical Education (Maringa), 31(1). https://doi.org/10.4025/JPHYSEDUC.V31I1.3164
Budiman, Burhaein, E., & Rusmana, R. (2024). Mengembangkan Keterampilan Sosial melalui Model Pembelajaran Kooperatif dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 8674–8680.
Budiman, S., Wachid, A., Suharto, B., Saifuddin Zuhri, K. H., Manajemen, D. P., Islam, P., & Zuhri, K. H. S. (2021). Filsafat Ilmu Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(3), 2598–9944. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2195/http
Djonomiarjo, T. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. 39–46. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index
educhannel.id. (2021, September 17). Student Team Achievement Division. Educhannel.Id. https://books.google.co.id
Fitriani, H. (2022). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Sistem Ekeskresi Manusia (M. Hidayat, Moskandi, & Y. Setiawan, Eds.; 1st ed.). Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia. https://books.google.co.id/books
Gunawan Manullang, J., Handayani, W., & Hermansah, B. (2021). Pengaruh Model Cooperatitve Learning Tipe STAD Terhadap Hasil Pembelajaran Kihon Kata Pada Mata Kuliah Karate. Journal Penjaskesrek, 8(2), 443–451. https://ejournal.bbg.ac.id/penjaskesrek
Gusryanda, N., & Suhairi, M. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Sepak Bola dengan Gaya Mengajar Cooperative Learning. Sport Pedagogy Journal, 12(1), 39–55.
Habibbulloh, M., & Arifin, A. (2019). Evektivitas Model Pembelajaran Kooperatif STAD Menggunakan Alat Peraga AlQuran Untuk Meningkatkan Penguasaan Tajwid. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(2), 189–202. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.162-04
Harefa, D. (2020a). Peningkatan Hasil Belajar SIswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 1–18. http://journal.ummat.ac.id/index.php/geography
Harefa, D. (2020b). Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Model Pembelajaran Time Token. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(2), 35–40.
Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model - Model pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar SIswa. Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1.
Hasanuddin, M. I., Pendidikan, J., Kesehatan, J., & Rekreasi, D. (2023). Analisis Kemampuan Shooting Dalam Permainan Sepak Bola. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11, 227–235. https://doi.org/10.33659/cip.v11i2.285
Hermayanti, M., Rondi, W. S., & Riswari, L. A. (2023). Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Roda Putar Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8.
Hidayat, F., Rahayu, C., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1, 28–37.
Ilham, Oktadinata, A., & Junresti, W. (2019). Kontribusi Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Berolahraga Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Siswa SMP Negeri 9 Kota Jambi. Indonesia Sport Jurnal, 2.
Illahi, W. (2021). Latihan Zig-Zag Run Dan Shuttle Run Terhadap Kemampuan dribbling Pemain Sekolah Sepak Bola. Jurnal Stamina, 4, 89–94.
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2021). Model - Model Pembelajaran Matematika (B. S. Fatmawati, Ed.). PT Bmi Aksara. https://books.google.co.id
Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574
Khoerunnisa, P., Syifa, &, & Aqwal, M. (2020). Analisis Model - Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1–27. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia
Kurniwati, W. (2021). Desain Perencanaan Pembelajaran. Jurnal An-Nur, 7.
Kusumaningsih, H. (2022). Cooperative Learning Model STAD Dalam Pembelajaran Bangun Datar (A. Y. Lestari, Ed.; 1st ed.). CAHYA GHANI RECOVERY. https://books.google.co.id
Latuheru, R. V., & Hasanuddin, M. I. (2023). Analisis Kemampuan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepakbola. Journal on Education, 06(01), 1145–1151.
Mahfud, I. (2022). Pengaruh Latihan Dribble Dengan Metode Bermain Terhadap Hasil Dribble Sepak Bola SSB Mitra Utama Lampung Selatan. Journal of Physical Education (JouPE), 3(2), 49–58.
Mappaompo, M. A. (2023). Pengaruh Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Menggiring Bola Pada Permainan Sepak Bola. NEM.
Marta, I. A., & Oktarifaldi, O. (2020). Koordinasi Mata-Kaki dan Kelincahan terhadap Kemampuan Dribbling Sepakbola. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 4(1), 1–14. https://doi.org/10.31539/jpjo.v4i1.1201
Mauliya, A. (2019). Perkembangan Kognitif Pada Peserta Didik SMP (Sekolah Menengah Pertama) Menurut Jean Piaget. ScienceEdu, II(2).
Melyza, A., & Agus, R. M. (2021). Siswa Terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 1 Padang Cermin. Journal of Physical Education (JouPE), 2(1), 8–16.
Muhlishottin, W. W., & Roesminingsih, M. V. (2020). Pelaksanaan Fungsi-Fungsi Manajemen Kelompok Bermain RA Kartini Desa Trutup Kecamatan Plumpang Kabupatem Tuban. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 04, 116–123.
Muhtarom, H., Kurniasih, D., & Muhammadiyah Hamka, U. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Abad 21 terhadap Pembelajaran Sejarah Eropa. Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 3, 59–65.
Mulya, G., Setia Lengkana, A., & Author, C. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 12, 83–94.
Mustafa, P. S., & Winarno, M. E. (2020). Pengembangan Buku Ajar Pengejaran Remedial Dalam Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(1), 1–12.
Nugroho, F. T. (2021, October 14). Macam-Macam Teknik Menggiring atau Dribbling dalam Permainan Sepak Bola. Bola.Com.
Nur Fajrin, S., & Suci Mahayati, D. (2021). Hubungan Koordinasi terhadap Keterampilan menggiring Bola Pada Pemain Sepak Bola. Indonesian Journal of Physiotherapy, 1(1), 6–12.
Nur Syamsu, F., Rahmawati, I., Kunci, K., Ruang, B., & Stad, P. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344–350. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE
Octavia, S. (2020). Model - Model Pembelajaran (1st ed.). DEEPE BLISH.
Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Budaya, 1, 86–100.
Paryanto. (2020). Implemantasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk PELAJARAN PASSING Dalam Permainan Bola Voli (1st ed.). Ahlimedia Press.
Putra, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Sekolah Dasar (A. T. Dewanti, Ed.). JAKAD MEDIA PUBLISHER. https://books.google.co.id
Qalbi Arridho, I., Arwandi, J., Yenes, R., Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, P., & Keolahragaan, F. (2021). Kondisi Fisik Pemain Sepak Bola. Jurnal Patriot, 3, 340–351. https://doi.org/10.24036/patriot.v%vi%i.737
Rangga, R., Aryanti, S., & Destriana, D. (2023). Latihan Shuttle Run dalam Meningkatkan Kelincahan Dribbling Siswa Ekstrakurikuler Sepak Bola. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 7(1), 145–152. https://doi.org/10.31539/jpjo.v7i1.7918
Samsudin. (2023). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. PENERBIT KERTAS SENTUH.
Saputra, A., Muzaffar, A., & Satrio, F. B. (2019). Sepak Bola (2nd ed.). SALIM MEDIA INDONESIA.
Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2644–2652. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1250
Sarumaha, M., Harefa, D., Ziraluo, Y. P. B., Fau, A., Venty Fau, Y. T., Bago, A. S., Telambanua, T., Hulu, F., Telaumbanua, K., Lase, I. P. S., Laia, B., Ndraha, L. D. M., & Novialdi, A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2045. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2045-2052.2022
Sucipto. (2023a). Mahir Bermain Sepak Bola (Fadhli. Rahmat, Ed.; 1st ed.). INDONESIA EMAS GROUP.
Sucipto. (2023b). Mahir Bermain Sepak Bola (R. Fadhli, Ed.). INDONESIA EMAS GROUP.
Sudarsinah. (2021). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Bagi Anak Usia Sekolah dasar. Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 3, 1–10.
Sudibyo, N. A., & Nugroho, R. A. (n.d.). Survei Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Pringsewu TAhun 2019. Journal of Physical Education (JouPE), 1(1), 18–24.
Sugiono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D.
Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model) (1st ed.). CV.EUREKA MEDIA AKSARA.
Sulubara, S. M. (n.d.). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Di SMP IT Muhammadiyah Takengon Murthada Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1).
Suminto. (2024). 3 Teknik Menggiring Bola yang Benar. HaloEdukasi.Com.
Suparsawan, I. K. (2020). Kolaborasi Pendekatan Saintifik Dengan Model Pembelajaran STAD Geliatkan Peserta Didik (H. Nurahayu, Ed.; 1st ed.). TATA AKBAR. https://books.google.co.id
Supriyanti, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran STAD Terhadap Keterampilan Shooting Bolabasket. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 4.
Thabroni, G. (2021, January 30). Model Pembelajaran STAD: Penjelasan Lengkap Menurut Ahli. Https://Serupa.Id/Model-Pembelajaran-Stad/.
Tsabita, D. W., Zulkarnain, F. O., Adi, G. A. R. K. D., & Evaldus, J. D. (2023). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa dengan metode kajian literatur. Journal of Mathematics Education and Application, 3, 466. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya
Utamayasa, I. G. D. (2021). Model - Model Pembelajaran pendidikan Jasmani (T. Lestari, Ed.). CV.JAKAD MEDIADPUBLISHING.
Wasono Aji, F., Rachman Syam Tuasikal S-, A., Rekreasi, dan, & Ilmu Olahraga, F. (2020). Pembelajaran Dasar Dribbling Sepakbola dengan Pendekatan Kooperatif Team Games Tournament Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani , 8, 17–28. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive
Wulandari, I., & Kunci, K. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. In Jurnal Papeda (Vol. 4, Issue 1).
Zaki Darma abcd, I., & Fernando abce, R. (2023). Kontribusi Kelincahan Dan Kecepatan Terhadap Kemampuan Dribbling Sepakbola (Vol. 1, Issue 1).














