ETIKA KOMUNIKASI SOSIAL DALAM SURAT AL HUJURAT AYAT 2-13 (STUDI TAFSIR AL-MISHBAH)
DOI:
https://doi.org/10.55558/alihda.v19i1.201Keywords:
Etika, Komunikasi, Tafsir Al Misbah, Pendidikan Islam, Alqur'anAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai etika komunikasi sosial yang terdapat di dalam surat Al-Hujurat ayat 2-13. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dan metode tafsir yang dipakai yaitu tahlili. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Al-Qur’an dan Tafsir Al-Misbah karya Prof. Dr. M. Quraish Shihab. Sumber data sekunder dari penelitian ini adalah buku, jurnal, skripsi, tesis, artikel, laporan penelitian, dan lainnya yang berkaitan dengan etika komunikasi sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam surat Al-Hujurat ayat 2-13 terdapat nilai-nilai etika komunikasi sosial diantaranya yaitu menjaga intonasi saat berbicara, tabayyun (memverifikasi kebenaran informasi), larangan mengolok-olok orang lain, larangan berburuk sangka dan ghibah, anjuran untu saling mengenal dan menghormati perbedaan. Surat Al-Hujurat ayat 2-13 mengandung nilai-nilai etika komunikasi sosial yang berkaitan erat dengan pendidikan Islam yang dapat diterapkan kepada peserta didik di era modern.
References
Fadilah, R. A. (2023). Prinsip Komunikasi Islam sebagai Landasan Penerapan Etika Komunikasi yang Baik di Media Sosial Tiktok. Jurnal Dakwah Dan Sosial, 8–17.
Ginting, R., Yulistiono, A., Rauf, A., & Effendy, F. (2021). Etika Komunikasi dalam Media Sosial : Saring Sebelum Sharing. Insania.
Hafied Cangara, P. (2023). Etika Komunikasi : Menjadi Manusia yang Santun Berkomunikasi dalam Era Digital. Prenada Media.
Hamka, P. D. (2001). Tafsir Al-Azhar Jilid 9. Kerjaya Printing Industries Pte Ltd Singapore.
Katsir, I. (2005). Tafsir Ibnu Katsir Jilid 7. Pustaka Imam asy-Syafi’i.
Latiffah, D. P. N., & Rayhaniah, S. R. (2021). Etika Komunikasi Dalam Perspektif Islam Menurut Prof. Dr.Syukur Kholil, MA. Prosiding Webinar Internasional Ulama Tafsir Dan Hadis Di Nusantara, 23–25.
Muslimah. (2016). Etika Komunikasi Dalam Perspektif Islam. Sosial Budaya, 13(2), 118.
Nida, K. (2020). Pergeseran Nilai Unggah-Ungguh oleh Generasi Muda dalam Masyarakat Jawa (Studi Kasus Masyarakat Desa Getassrabi Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus). Sosial Budaya, 17(1), 46. https://doi.org/10.24014/sb.v17i1.9694
Nurhanisah, Y. (2023). 718 Bahasa Daerah Tersebar di Indonesia. Indonesiabaik.Id. https://indonesiabaik.id/infografis/718-bahasa-daerah-tersebar-di-indonesia
Sari Anita, Dahlan, Tuhumury Nicodemus August Ralph, Prayitno Yudi, Siegers Hendry Willem, Supiyanto, & Werdhani Sri Anastasia. (2023). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. CV. Angkasa Pelangi.
Shihab, M. Q. (2012). Tafsir Al Misbah. Penerbit Lentera Hati.
Shihab, M. Q. (2016). Akhlak : Yang Hilang Dari Kita. Lentera Hati.
Solequdin, M. A. (2024). Etika Berkomunikasi dalam Tafsir Al-Misbah dan Relevansinya di Era Gen Z. In Etheses IAIN Kediri (Vol. 1, Issue 1). IAIN Kediri.














