PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KONSEP DIRI SISWA YANG INKLUSIF DALAM LINGKUNGAN BERAGAM DI SMA HARAPAN 1 MEDAN

Authors

  • Ulfa Fatimah Universitas Negeri Medan
  • Alya Rachma Universitas Negeri Medan
  • Tifany Laura Balqis Universitas Negeri Medan
  • Lora Ernanta Tarigan Universitas Negeri Medan
  • Jamaludin Universitas Negeri Medan
  • Sri Yunita Universitas Negeri Medan
  • Oksari Anastasya Sihaloho Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v20i1.206

Keywords:

Pendidikan Multikultural, Kesenjangan, Sosial Ekonomi, Konsep Diri, Inklusif

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis peran pendidikan multikultural dalam mengatasi kesenjangan sosial ekonomi dan akademik serta membentuk konsep diri inklusif di SMA Harapan 1 Medan. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dengan data diperoleh melalui wawancara dan observasi siswa dari berbagai latar belakang.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesenjangan sosial ekonomi menyebabkan terbatasnya akses siswa dari keluarga kurang mampu terhadap fasilitas pendidikan, sementara segregasi akademik menciptakan eksklusivitas yang menghambat interaksi lintas kelompok. Pendidikan multikultural melalui kegiatan kolaboratif, diskusi, dan pengembangan empati efektif mengatasi tantangan ini. Dukungan kebijakan inklusif dan keterlibatan masyarakat juga berperan penting dalam menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis, mempromosikan toleransi, dan mendorong kesetaraan peluang bagi seluruh siswa.

References

Foundation, Cagar. 2024. “Tantangan Dan Peluang Pendidikan Inklusif Di Era Digital.” CAHAYA KELUARGA FITRAH.

Kamlasi, Anjulin Yonathan, and Eny Kusdarini. 2022. “Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Multikultural Dalam Penguatan Sikap Toleransi Siswa Sma.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 7(3):738–47.

Maarif, Syamsul Dwi. 2023. “Contoh Eksklusi Sosial Di Lingkungan Sekolah Dan Pertemanan.” Tirto.Id. Retrieved (https://tirto.id/contoh-eksklusi-sosial-di-lingkungan-sekolah-dan-pertemanan-gPbv?utm_source=perplexity).

Novita, Sri, Fifi Hasmawati, Hartika Utami Fitri, JlProf KH Zainal Abidin Fikry No, and Palembang Sumatera Selatan. 2023. “Analisi Komunikasi Circle Pertemanan Siswa Dalam Perubahan Konsep Diri.” Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS) 3(1):160.

Riyando & Ardianto B., M. T. 2024. “Kewarganegaraan Dan Identitas: Menghargai Keberagaman Dalam Kesatuan.” Kampus Akademik Publising: Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik 1(3):537–42.

Sidasari, Pemerintah Desa. 2024. “Solusi Kesenjangan Sosial Di Pendidikan Sidasari.” Retrieved April 20, 2011 (https://www.sidasari.desa.id/solusi-kesenjangan-sosial-di-pendidikan-sidasari/?utm_source=perplexity).

Sidiq Kurniawan, Mashudi, Herkulana. 2018. “Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prilaku Mahasiswa STIE’ Indonesia Pontianak.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 6.

Wachidah, Kemil, and Fitria Eka Wulandari. 2014. “Mitos Kesempatan Sama Dan Reproduksi Kesenjangan Sosial: Gambaran Nyata Kesenjangan Sosial Dalam Pendidikan Terhadap Anak-Anak Petani Tambak Pinggiran Sidoarjo.” Society 5(1):87–98. doi: 10.20414/society.v5i1.1452.

Widiatmaka, Pipit, and Mohammad Yusuf Hidayat. 2022. “Pendidikan Multikultural Dan Pembangunan Karakter Toleransi.” JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) 09(02):119–33.

Downloads

Published

2025-05-26

How to Cite

Fatimah, U., Alya Rachma, Tifany Laura Balqis, Lora Ernanta Tarigan, Jamaludin, Sri Yunita, & Oksari Anastasya Sihaloho. (2025). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KONSEP DIRI SISWA YANG INKLUSIF DALAM LINGKUNGAN BERAGAM DI SMA HARAPAN 1 MEDAN. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 20(1), 1710–1716. https://doi.org/10.55558/alihda.v20i1.206

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 

You may also start an advanced similarity search for this article.