ANALISIS KESULITAN PENYELESAIAN SKRIPSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS STELLA MARIS SUMBA
DOI:
https://doi.org/10.55558/alihda.v20i1.225Keywords:
Analisis, Kesulitan, SkripsiAbstract
Skripsi merupakan tugas akhir yang harus diselesaikan mahasiswa pada program sarjana di Universitas Stella Maris Sumba. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan - kesulitan yang dialami mahasiswa dalam penyelesaian skripsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Program studi Teknik Informatika yang sedang bimbingan skripsi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang disebarkan ke 71 responden. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data statistic deskriptif. Hasil penelitian secara umum diperoleh informasi mahasiswa mengalami kesulitan kemampuan dalam menulis karya tulis ilmiah yakni dengan persentase 60,63% termasuk kategori cukup sulit, lingkungan dan teman sebaya yakni dengan persentase 72,04% termasuk dalam kategori cukup sulit, ketersediaan sumber belajar yakni dengan persentase 54,58% termasuk dalam kategori sulit, dan proses pengolahan data dengan persentase sebesar 52,82 termasuk dalam kategori sulit.
References
Ahmad Arif Fadilah, Saktian Dwi Hartantri, & Wulan Noviyanti. 2022. Analisis Kesulitan Mahasiswa Menyelesaikan Skripsi di Masa Pandemi Covid-19 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 6 Nomor 2 : 9476-9479.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arsita, Mesi, Zariul Antosa, dan Eddy Noviana. 2022. Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Pada Masa Pandemi COVID-19. JURNAL ILMIAH AQUINAS, Volume: 5 No. 1.
Farid Hamid dan A. Rachman. 2018. Panduan Tugas Akhir. Jakarta: fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana.
Nirmala, Deli dan Eko Punto Hendro. 2021. “Petunjuk Praktis Perumusan Masalah Penelitian Kebahasaan Pemula”. Jurnal Harmoni, Vol. 5 No. 2.
Papalia, dkk. 2007. Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Rismen, Sefna. 2015. Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Penyelesaian Skripsi Di Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI. LEMMA. VOL I, NO. 2
Roelyana, S., & Listiyandini, R. A. (2016). Peranan Optimisme terhadapn Resiliensi pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Mengerjakan Skripsi. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia, 1(1), 29– 37.
Sudaryono, Dr. 2017. Metodologi Penelitian. Depok:PT.Raja Grafindo Husada.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yunitasari, Nur Intan. 2022. Hubungan Dukungan Teman Sebaya Dengan Tingkat Stres Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi. Skripsi : STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun.














