PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM FISIKA DASAR BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MAHASISWA S1 PENDIDIKAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.55558/alihda.v20i1.245Keywords:
Basic Physics, Practical Guide, Scientific ApproachAbstract
Praktikum merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan di laboratorium. Kegiatan praktikum dapat berjalan dengan baik jika didukung dengan panduan praktikum. Salah satu hambatan dalam pelaksanaan kegiatan praktikum pada matakuliah fisika dasar di Universitas Bhinneka PGRI adalah belum tersedianya panduan praktikum fisika dasar yang berbasis pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan panduan praktikum fisika dasar berbasis pendekatan saintifik untuk mahasiswa S1 pendidikan IPA Universitas Bhinneka PGRI. Penelitian ini akan menggunakan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation Dan Evaluation (ADDIE). Hasil pengembangan panduan praktikum hasil validasi ahli materi menunjukkan hasil 91% dan sangat layak, hasil validasi ahli media menghasilkan presentase kelayakan sebesar 88% yang merupakan sangat layak, serta hasil respon mahasiswa terhadap panduan praktikum menunjukkan rata-rata hasilnya adalah 82,67% yang menyatakan sangat layak.
References
Agnesa, O. S., & Sari, F. (2024). Pengembangan Modul Praktikum IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Program Studi PGMI. Jurnal Basicedu, 8(1), 643–650. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7074
Arifin, M. dkk. (2000). Strategi Belajar Mengajar Fisika. Bandung: Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA UPI
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Banawi, A. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Sintaks Discovery/Inquiry Learning, Based Learning, Project Based Learning. Jurnal Biology Science & Education , 90-100.
Daryanto, (2014). Pembelajaran Tematik,Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Jogjakarta: Gava Media.
Erwin, Permana I, Hayat MS. (2018). Strategi Evaluasi Program Praktikum Fisika Dasar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 9(1):12–20.
Hananingsih, W., & Imran, A. (2020). Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala , 30-35.
Liana, D. (2020). Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik. J. Mitra PGMI , 15-27.
Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Murniati, M.S S, Muslim M. (2018). Pengembangan Petunjuk Praktikum Fisika Sekolah I Berbasis Ketrampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 5(1):15–25.
Murti, S., Muhibbuddin, & Nurmaliah, C. (2014). “Penerapan Pembelajaran Berbasis Pratikum Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Psikomotorik Pada Perkuliahan Anatomi Tumbuhan”. Jurnal Biologi Edukasi. Diakses melalui http://jurnal.unsyiah.ac.id/JBE/article/view/2268
Prayitno, Trio A. (2017). “Pengembangan Petunjuk Praktikum Mikrobiologi Program Studi Pendidikan Biologi”. Jurnal Biota Vol 3 No 1. Diakses melalui http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/biota/article/view/tap tanggal 25 Januari 2020.
Rismayanti, T. A., Anriani, N., & Sukirwan. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantu Kodular pada Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika , 859-873.
Santiani. (2014). Korelasi Hasil Belajar Kognitif Dengan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Fisika STAIN Palangka Raya Pada Mata Kuliah Fisika Dasar I Tahun Akademik 2013/2014. EduSains. 2(1):39–59.
Setiawan, E. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia. (online) http://kamusbahasaindonesia
Sirait R, Lubis NA. (2020). Analisis Buku Panduan Praktikum Fisika Dasar di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumatera Utara Medan. JISTech (Journal of Islamic Science and Technology). 5(1):71–9.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sunantri, A., Suyatna, A. & Rosidin, U. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Learning Content Development System Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Pembelajaran Fisika, (1): 107–117.
Suprianto, Kholida SI, Andi HJ. (2017). Pengembangan Panduan Praktikum Fisika Dasar 1 Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Hard Skill dan Soft Skill Mahasiswa (Calon Guru Fisika). In: Seminar Nasional Hasil Penelitian Universitas Kanjuruhan Malang. p. 487–94.














