INTEGRASI PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SMA

Authors

  • Egi Nur Aini Universitas Islam Sultan Agung
  • Leli Nisfi Setiana Universitas Islam Sultan Agung
  • Meilan Arsanti Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v20i1.256

Keywords:

social emotional learning, Indonesian language, integration, students, strategy

Abstract

Pada era globalisasi digital, tuntutan di berbagai bidang kehidupan manusia semakin meningkat, tak terkecuali di bidang pendidikan. Tujuan pendidikan bukan sekadar pencapaian akademik saja, tetapi juga keterampilan sosial emosional peserta didik. Namun, dalam praktiknya Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) belum terintegrasi secara optimal dalam pembelajaran, khusunya pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana integrasi PSE dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literatur. Teknik analisis data dilakukan secara tematik dengan mengeksplorasi integrasi PSE dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini meliputi 1) pelajaran bahasa Indonesia sebagai wahana integrasi PSE, 2) strategi integrasi PSE, 3) contoh integrasi PSE dalam materi menganalisis puisi kelas X, dan 4) dampak integrasi PSE. Penelitian ini menunjukan bahwa pelajaran bahasa Indonesia dapat menjadi wahana integrasi PSE secara efektif melalui empat keterampilan berbahasa. Penelitian ini diharapkan memperkaya khazanah dan menjadi inspirasi guru dalam merancang pembelajaran yang bermakna.

References

L. Azizah, Maufur, and T. Mulyono, “Implementasi Pembelajaran Sosial Emosional oleh Guru Bahasa Jawa SMP Negeri,” J. Educ. Res., vol. 5, no. 4, p. 6374, 2024.

M. Husnaini, E. Sarmiati, and S. M. Harimurti, “Pembelajaran Sosial Emosional: Tinjauan Filsafat Humanisme terhadap Kebahagiaan dalam Pembelajaran,” J. Educ. Res., vol. 5, no. 2, pp. 1026–1036, 2024.

H. Pitaloka and M. Arsanti, “Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka,” Pros. Semin. Nas. Sultan Agung ke-4, p. 34, 2022.

M. Arsanti, I. Zulaeha, S. Subiyantoro, and N. Haryati, “Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5.0,” Pros. Semin. Nas. Pascasarj. UNNES, p. 320, 2021.

Fitratullah, “Penerapan Kompetensi Sosial Emosional dalam Pembelajran pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris,” Uniqbu J. Soc. Sci., vol. 4, no. 1, pp. 67–77, 2023.

Y. S. Putri and M. Arsanti, “Kurikulum Merdeka Belajar sebagai Pemulihan Pembelajaran,” Pros. Semin. Nas. Sultan Agung, p. 21, 2022.

N. Ulia, Y. Ismiyanti, and L. N. Setiana, “Meningkatkan Literasi Melalui Bahan Ajar Tematik Saintifik Berbasis Kearifan Lokal,” JIPEMAS J. Inov. Has. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, p. 152, 2019.

O. P. Wardani et al., “Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru-guru SD di Desa Geneng Kabupaten Jepara,” Indones. J. Community Serv., vol. 1, no. 1, p. 117, 2019.

R. Rahmaniati, Z. A. Sayyidana, and Aulia, “Integrasi Pembelajaran Sosial Emosional dalam Mata Pelajaran IPA sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berkolaborasi,” J. Hadratul Madaniah, vol. 11, no. 2, pp. 67–74, 2024.

I. Nuraeni, khoirunnisa M. Kholillah, N. Ani, R. Lestari, and D. Rostika, “Mengintegrasikan Pembelajaran Sosial dan Emosional pada Pembelajaran di Sekolah Dasar,” Cermin J. Penelit., vol. 7, no. 2, pp. 449–458, 2023.

S. Widiastuti, “Pembelajaran Sosial Emosional dalam Domain Pendidikan: Implementasi dan Asesmen,” JUPE J. Pendidik. Mandala, vol. 7, no. 4, pp. 964–972, 2022.

CASEL, “What is SEL?,” Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning, 2020. https://casel.org/what-is-sel/

Yuhelmi, “Implementasi Pembelajaran Sosial Emosional di Era Kurikulum Merdeka di SD Binaan Kecamatan Padang Utara,” J. Ilm. Maksitek, vol. 7, no. 4, pp. 92–98, 2022.

Helaluddin and Alamsyah, “Kajian Konseptual tentang Social-Emotional Learning (SEL) dalam Pembelajaran Bahasa,” Al-Ishlah J. Pendidik., vol. 11, no. 1, pp. 1–16, 2019.

N. I. Purnamasari, Z. P. Isnaini, and A. Azis, “Implementasi Pembelajaran Sosial Emosional pada Masa Pembelajaan Jarak Jauh,” JOECES J. Early Child. Educ. Stud., vol. 2, no. 1, pp. 192–231, 2022.

M. Arsanti and L. N. Setiana, “Pudarnya Pesona Bahasa Indonesia di Media Sosial (Sebuah Kajian Sosiolinguistik Penggunaan Bahasa Indonesia),” Ling. Fr. Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, vol. 4, no. 1, pp. 1–12, 2020.

M. Masyithah, “Penerapan Teknik Keterampilan Sosial Emosional pada Pembelajaran IPA Materi Bioteknologi dan Produksi Pangan Siswa Kelas IX-1 di SMP Negeri 4 Bolo Tahun Pelajaran 2020/2021,” JagoMIPA J. Pendidik. Mat. dan IPA, vol. 1, no. 2, pp. 135–146, 2021, doi: https://doi.org/10.53299/jagomipa.v1i2.76 Penerapan.

New York State Education Department., Social Emotional learning: Essential for Learning, Essential for Life. New York, 2018.

A. F. Rahmawati and I. N. Hidayah, “Analisis Perkembangan Kompetensi Sosial Emosional Siswa SMP Kelas 7 pada Model Project Based Learning,” J. Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidik., vol. 4, no. 2, 2024.

A. F. Rosmayanti and A. Ahmadi, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Kemampuan Bercerita untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 09, no. 04, pp. 208–223, 2024.

M. T. Greenberg, C. E. Domitrovich, R. P. Weissberg, and J. A. Durlak, “Social and Emotional Learning as a Public Health Approach to Education,” Futur. Child., vol. 27, no. 1, pp. 13–32, 2017.

N. Cholis, Wasino, T. J. Raharjo, S. Sumartiningsih, A. Yuwono, and A. K. Wardhani, “Implementasi Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) dalam Domain Pendidikan terhadap Motivasi Peserta Didik,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 09, no. 04, pp. 221–235, 2024.

G. Y. Sumertayasa, I. G. Suwindia, and I. M. A. Winangun, “Integrasi Kompetensi Sosial Emosional (KSE) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Kubutambahan,” JIIP (Jurnal Ilm. Ilmu Pendidikan), vol. 8, no. 1, pp. 801–806, 2025.

A. D. Pamungkas, R. D. Rusmawati, and Harwanto, “Pengaruh Pembelajaran Sosial Emosional Versus Konvensional dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Mapel Kimia Siswa Kelas X di SMA Negeri 20 Surabaya,” EDUKASIA J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 4, no. 2, pp. 1555–1562, 2023.

E. Kusumawati and R. Y. Ambarsari, “Implementasi Permaianan Tradisional untuk Mengontrol Sosial Emosional selama Proses Pembelajaran Daring pada Anak Usia Sekolah Dasar,” BERNAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 524–529, 2021.

L. Rosa, I. Iskandar, and F. N. Islamiah, “Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas 2 UPT SPF SDN Labuang Baji 1 Kota Makassar,” Didakt. J. Ilm. PGSD FKIP Univ. Mandiri, vol. 10, no. 03, pp. 386–395, 2024.

Downloads

Published

2025-05-27

How to Cite

Aini, E. N., Leli Nisfi Setiana, & Meilan Arsanti. (2025). INTEGRASI PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SMA. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 20(1), 1884–1894. https://doi.org/10.55558/alihda.v20i1.256

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.