PODCAST SEBAGAI MEDIA AJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.55558/al-ihda.v20i2.270Keywords:
Pendekatan, Podcast, Spotify, Pembelajaran PAI.Abstract
Seiring dengan berkembangnya zaman, media sosial juga bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, banyak sekali media-media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru seperti media Podcast pada aplikasi Spotify. Dalam aplikasi Spotify terdapat fitur yang bisa digunakan untuk membuat media pembelajaran yaitu Podcast. Oleh karena itu pembelajaran PAI dengan menggunakan Podcast Spotify ini akan membuat para siswa menjadi lebih tertarik dan mudah memahami materi pembelajaran dengan cara diputar berkali-kali dalam aplikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Teknik pengumpulan data menggunakan data pustaka dengan mengumpulkan penelitian yang berkaitan dengan topik. Penerapan dengan fitur Podcast di Spotify dapat menjadi langkah baru bagi para pendidik/guru, dan mudah untuk memberikan pemahaman kepada siswa pada pembelajaran PAI.
References
Akifah, A., Kudratullah, K., & Rahmi, R. (2023). Penyajian konten podcast kreatif dan berkualitas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 19–24. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.894
Aminaty, D., & Jasiah. (2025). Penggunaan media game Wordwall sebagai upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Al-Qur'an dan Hadits. Jurnal Pendidikan, 25, 144–151.
Azis, A. (2023). Perencanaan pembelajaran pendidikan Islam berbasis IT. LP2M IAIN Palangka Raya Press.
Chairunnisa, G. (2021). Tingkat kepuasan remaja dalam menggunakan podcast pada Spotify di Pekanbaru. (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Islam Riau.
Dahratul, L. (2020). Inovasi perangkat pembelajaran menggunakan aplikasi podcast.
Dwi Susilowati, R., & Faiziyah, N. (2020). Jurnal riset pendidikan dan inovasi pembelajaran matematika, 4(1), 68–78.
Farhan, M. (2022). Penggunaan podcast sebagai media pembelajaran sastra Indonesia. Estetika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 64–71. https://doi.org/10.36379/estetika.v3i2.201
Fatroh, L. A. (2023). Efektivitas penggunaan media podcast dalam aplikasi.
Indriastuti, F., Tri, W., & dkk. (2014). Podcast sebagai sumber belajar berbasis audio. Jurnal Audio-Based Learning Resources, 18.
Jakirah, Jasiah, & Marsiah. (2021). Strategi pembelajaran guru keagamaan pada masa pandemi Covid-19 di MTs Muslimat NU Palangka Raya. Forum Pedagogi, 12(2), 246–258. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v1212.4394
Jonerd Ramadhani, F., Nuraeni, R., & dkk. (2023). Pengaruh podcast sebagai media untuk meningkatkan self-development mahasiswa Indonesia (Studi pada mahasiswa pendengar podcast “Self Dev by Andreas Bordes”). Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 27. https://doi.org/10.17933/jskm.2023.5133
Kurniasari, S., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2024). Pengaruh podcast sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 146–154.
Laila, D. (2020). Inovasi perangkat pembelajaran menggunakan aplikasi podcast.
Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). Podcast sebagai media pembelajaran di era milenial. Age Universitas Hamzanwadi, 3(02), 126–135.
Mendio, D., & Valiant, V. (2021). Penyajian konten podcast yang berkualitas pada aplikasi Spotify (Studi deskriptif podcast “Plung”). IKON: Jurnal Ilmu Komunikasi, 26(3), 247–263.
Murtopo, G. (2021). Pembuatan media pembelajaran Agama Islam pada masa pandemi Covid-19 berbasis podcast sosial media musik Spotify di Politeknik Negeri Media Kreatif PSDku Medan. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 13(2). https://doi.org/10.30596/intiqad.v13i2.6272
Nur’aini, F., Supriatna, N., & Ratmaningsih, N. (2023). Pemanfaatan podcast sebagai sumber belajar kreatif dalam ilmu pengetahuan sosial. Jurnal Paedagogy, 10(1), 106. https://doi.org/10.33394/jp.v10i1.6210
Phillips, B. (2017). Student-produced podcasts in language learning—Exploring student perceptions of podcast activities. IAFOR Journal of Education, 5.
Radika, M. I., & Setiawati, D. (2020). Strategi komunikasi podcast dalam mempertahankan pendengar (Studi kasus podcast Do You See What I See).
Rahmah, L. A., & Ahsanuddin, M. (2023). Pengembangan media podcast pada aplikasi Spotify sebagai media pembelajaran maharah al-istima’. JOLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(11), 1613–1625. https://doi.org/10.17977/um064v2i112022p1613-1625
Ramadhani, J. S., Firmansyah, M. B., Wilujeng, I. T., Putri, N. N., & Nafisah, D. (2023). Pemanfaatan podcast Spotify sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 14(2), 135–143. https://doi.org/10.37640/jip.v14i2.1588
Satya Purusa, V., & Suni, E. K. (2021). Pengaruh media podcast terhadap ketergantungan masyarakat usia dewasa awal di Indonesia. Inter Script: Journal of Creative Communication, 3(1), 13–26.
Setya, A. A., & Cahyaningrum, A. D. (2025). Penggunaan media podcast mini untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MIN 3 Lampung Selatan. Jurnal Studi Tindakan Edukatif (JSTE), 1(1), 279–283.
Shahnaz, Yusuf, N., Elensyah, A., & Machawan, R. (2022). Penggunaan podcast sebagai media pembelajaran Bahasa Jepang.
Sitepu, E. N. (2021). Media pembelajaran berbasis digital. Prosiding Pendidikan Dasar, 1. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.195
Syifa, M. (2023). Produk program siaran podcast cerita sejarah Islam pada platform digital Spotify.
Unit Putri Inayah, A., & Hasanudin, C. (2023). Aplikasi Spotify sebagai sarana meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan fitur podcast. Prosiding Seminar Nasional Daring.
Yaumi, M. (2017). Media pembelajaran: Pengertian, fungsi, dan urgensinya bagi anak milenial.














