PENGARUH MOTIVASI EKSTERINSIK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL HIDAYAH PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.55558/al-ihda.v20i2.276Keywords:
Motivasi Ekstrinsik, Minat BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi ekstrinsik terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran Fiqih kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Hidayah Pekanbaru. Motivasi ekstrinsik yang dimaksud meliputi faktor-faktor seperti penghargaan, dukungan orang tua, lingkungan belajar, dan metode pengajaran guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 30 siswa kelas VII sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi ekstrinsik dengan minat belajar siswa. Faktor dukungan orang tua dan metode pengajaran guru menjadi elemen yang paling berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar siswa. Analisis data menunjukkan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 18,9%, yang berarti motivasi ekstrinsik memberikan kontribusi sebesar 18,9% terhadap minat belajar siswa, sedangkan 81,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian ini menegaskan bahwa pemberian motivasi eksternal yang tepat dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa, terutama pada mata pelajaran Fiqih. Implikasinya, pendidik dan orang tua diharapkan memberikan dukungan yang berkelanjutan agar siswa lebih termotivasi dalam proses pembelajaran.
References
Adibah, A., & Qolbiyyah, S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Fiqih dengan Multi Metode Terhadap Minat Belajar Siswa:(Studi Kasus di Madrasah Aliyah Umar Zahid Perak Jombang). Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, 8(1), 23-47.
Arlina, A., Amini, A., Ainun, N., & Maharani, M. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat
Belajar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 4(1), 33-38. Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Nasriani, N. (2018). Pengaruh motivasi dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas XI IPA di Madrasah Aliyah DDI Kanang Polman (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).
Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., Suharsono, N., & Ekonomi, J. P. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 1-10.
Priyatno, D. (2014). SPSS 22 : Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta : Andi.
Rahmawati, A. P., & Jinan, M. (2025). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui
Metode Gallery Walk Pada Pembelajaran Fiqih Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 8(2), 15-25
Riduwan dan Sunarto. (2015). Pengantar Statistika Pendidikan, Sosisal, Ekonomi Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta
Sari, K. N. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi terhadap Minat Belajar Fikih Siswa di MTs Ma'arif Balong Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo). Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Sujianto, Agus (2004). PsikologiUmum, Jakarta: Bumi Aksara,














