EKSISTENSI MADRASAH DALAM PERSPEKTIF SEJARAH PENDIDIKAN DI INDONESIA

Authors

  • Mariatul Hikmah

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v15i2.42

Keywords:

eksistensi madrasah, sejarah pendidikan

Abstract

Muhaimin dan Abdul Majid lebih menitikberatkan kehadiran madrasah sebagai lembaga pendidikan islam setidak-tidaknya dilatarbelakangi oleh empat factor sebagai berikut: 1) Sebagai manifestasi dan realisasi pembaharuan sistem pendidikan islam. 2) Usaha penyempurnaan terhadap sistem pesantren terhadap suatu sistem pendidikan yang lebih memungkinkan lulusannya memperoleh kesempatan yang sama dengan sekolah umum. Misalnya masalah kesamaan kesempatan kerja dan perolehan ijazah. 3) Adanya sikap mental dengan sementara golongan umat islam, khususnya santri yang terpukau dengan barat dengan sistem pendidikan mereka. 4) Sebagai usaha untuk menjembatani antara sistem pendidikan nasional yang dilakukan oleh pesantren  dan sistem pendidikan modern dengan hasil akulturasi

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

Mariatul Hikmah. (2020). EKSISTENSI MADRASAH DALAM PERSPEKTIF SEJARAH PENDIDIKAN DI INDONESIA. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 15(2), 519–525. https://doi.org/10.55558/alihda.v15i2.42

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.