KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM ISMAIL RAJI’ AL-FARUQI

Authors

  • Akhmad Mamba’ul ‘Ulum Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Eva Dewi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Djefrin E. Hulawa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Alwizar Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v17i1.94

Keywords:

Pemikiran Al Faruqi, Tauhid, Integrasi Ilmu Pengetahuan, Lembaga Pendidikan

Abstract

Wilayah normativitas agama dan ilmu pengetahuan menjadi studi yang selalu menarik untuk dikaji. Pandangan para pemikir ketika memandang agama dan ilmu pengatahuan sangat bervariasi. Sebagian mereka meyakini bahwa wilayah agama terpisah dari ilmu pengetahuan, sebagian yang lain meyakini agama dan ilmu pengatahuan menjadi satu dan tidak dapat terpisahkan. Artikel ini mencoba menjelaskan posisi agama dan ilmu pengetahuan dalam pandangan Ismail Raji Al Faruqi. Al Faruqi berasumsi bahwa ilmu pengetahuan modern memicu adanya perdebatan wahyu dan akal di kalangan umat muslim. Oleh karena itu, Al Faruqi berpendapat bahwa diperlukan sebuah konsep Islamisasi Ilmu pengetahuan yang bertumpuh pada kekuatan tauhid. Pengetahuan Islami selalu menitik beratkan keterpaduan kosmos, keterpaduan kebenaran dan ilmu pengetahuan serta kesatuan kehidupan. Dalam hal islamisasi ilmu pengetahuan Al Faruqi menawarkan landasan objek rencana kerja islamisasi ilmu pengetahuan sebagai berikut: 1) Menguasai disiplin ilmu pengetahuan modern, 2) Menguasai khazanah keislaman, 3) Menentukan relevansi Islam dan hubungannya pada tiap bidang ilmu pengetahuan modern, 4) Mencari metode untuk melakukan sintesis antara spesifikasi keislaman dengan ilmu pengetahuan modern, dan 5) membawa pemikiran Islam pada arah pemenuhan pola sunatullah/ketentuan Allah.

References

Abd.al-Hamid Abu Sulaiman, Permasalahan Metodologis dalam Pemikiran Islam, Jakarta: Media Dakwah, 1994

Creswell, John W. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018.

Daryanto, and Karim Syaiful. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media, 2017.

Giantara, Febri. Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, Dan Penelitian Tindakan). Edited by Novi Yanti. Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru, 2020.

Ismail Raji al-Faruqi, Islamization of Knowledge (Virginia: International Institute of Islamic Thought, 1989

Ismail Raji al-Faruqi, Lois Lamya al-Faruqi, (Terjem Ilyas Hasan), Atlas Budaya: menjelajah Hazanah Peradaban Gemilang, 1998, Bandung: Mizan

Putra, Adiyes, and Nurnasrina. “Politik Hukum Kelembagaan Pengelolaan Zakat Dalam UU No. 21 Tahun 2008 Dan UU No. 23 Tahun 2011.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 17, no. 1 (May 2020): 1–28. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i1.70.

Ramayulis, Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam: Mengenal Tokoh Islam Dunia Islam dan di Indonesia, Jakarta: Ciputat Press Group, 2005

Rio Ardi, Sejarah Pemikiran Ismail Raji Al-Faruqi, http://www.rioardi.blogspot.com. (diakses pada 23 February 2016).

Statistikian. “Pengertian Dan Penjelasan Metodologi Penelitian - Lengkap - Uji Statistik,” 2020. https://www.statistikian.com/2016/11/metodologi-penelitian.html.

Teknik penulisan daftar pustaka, menggunakan sistem sitasi Chicago Manual of Style 17th edition (full note, no ibid)

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Akhmad Mamba’ul ‘Ulum, Eva Dewi, Djefrin E. Hulawa, & Alwizar. (2023). KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM ISMAIL RAJI’ AL-FARUQI. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 17(1), 741–760. https://doi.org/10.55558/alihda.v17i1.94

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)