PERSPEKTIF PEDAGOGI KURIKULUM MERDEKA BERBASIS KOMUNITAS PADA MADRASAH YANG ADA DI INDRAGIRI HULU
DOI:
https://doi.org/10.55558/alihda.v17i1.143Keywords:
Pedagogi, Kurikulum Merdeka, Komunitas, MadrasahAbstract
Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang lebih menekankan pada kualitas Pendidikan materi yang dilaksanakan secara esensial. Pembeajaran yang ada pada kurikulum Merdeka harus dapat terlaksana secara maksimal.
Pembelajaran yang efektif tidak hanya membantu siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran, namun bagaimana bisa menerapkan apa-apa yang sudah dipelajari di lingkungan nyata. Implementasi pada kurikulum Merdeka yang lebih menggunakan pendekatan diferensiasi, yang mana ciri khususnya adalah adanya pengelompokan capaian pembelajaran siswa pada fase pertumbuhan anak.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dianggap paling cocok digunakan, dikarenakan penelitian ini menggali pengalaman guru-guru madrasah yang ada dalam memahami dan mengamalkan kurikulum Merdeka. Adapun sabjek dalam kajian ini ialah guru-guru madrasah dan juga siswa yang sedang melaksanakan aktivitas pembelajaran.
Dengan menerapkan perspektif pedagogi Kurikulum Merdeka berbasis komunitas, madrasah di Indragiri Hulu diharapkan dapat menjadi lembaga pendidikan yang relevan, responsif terhadap kebutuhan lokal, serta mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kepekaan sosial, keterampilan praktis, dan komitmen untuk berkontribusi dalam pembangunan komunitas dan bangsa.
References
Kemmis, S., & McTaggart, R. (2005). Participatory action research: Communicative action and the public sphere. Springer.
Freire, P. (1970). Pedagogy of the oppressed. Bloomsbury Publishing USA.
Wenger, E. (1998). Communities of practice: Learning, meaning, and identity. Cambridge University Press.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2021). Kurikulum Merdeka Belajar: Panduan Umum Pembelajaran Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022.
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2021 tentang Kurikulum Madrasah.
Hakim, A. R., Kurniawan, R., & Supriadi, H. (2021). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar sebagai Solusi Pendidikan di Era Digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(1), 1-13.
Widodo, A., & Noermanzah. (2021). Aktualisasi Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal dalam Perspektif Kurikulum Merdeka di Era Global. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 1-11.
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. (2020). Laporan Penelitian: Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Madrasah.
Laporan Praktik Baik Pendidikan: Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas di Madrasah Indragiri Hulu (Studi Kasus).














