KETERAMPILAN MENGKOMBINASIKAN METODE PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL FALAH AIRMOLEK
DOI:
https://doi.org/10.55558/alihda.v18i1.146Keywords:
Keterampilan, Kombinasi, Metode, PembelajaranAbstract
Belajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan melibatkan unsur rohani dan jasmani. Belajar merupakan serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku ke arah yang lebih baik, sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, efektif, dan psikomotor. Dalam proses pembelajaran seorang guru haruslah memiliki metode yang tepat agar mampu melaksanakan pengelolaan kegiatan pembelajaran dengan baik. Mengajar mengandung tujuan agar peserta didik dapat mengembangkan diri yang dengan pengembangan diri itu mengalami perubahan tingkah laku. Bahan pengajaran yang disampaikan berproses melalui metode tertentu, sehingga dengan metode yang digunakan tujuan pengajaran dapat tercapai. Tidak ada sebuah metode pembelajaran yang sempurna, karena setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan. Karena itulah penggunaan sebuah metode akan efektif jika ditopang oleh metode yang lain, dan setiap pendidik dituntut agar terampil dalam mengkombinasikan metode-metode pembelajaran, agar proses pembelajaran berjalan dengan aktif dan menyenangkan.
References
Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2012
Kementerian Agama RI, Al-Qur’annulkarim, Jakarta: Sygma, 2010
Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005
Poerwadarminta W.J.S., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1999
Ramayulis, Profesi dan Etika Keguruan, Jakarta: Kalam Mulia, 2013
. Metodologi Pengajaran 1 Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2001
Rohani, Ahmad, Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2004
Sadulloh, Uyoh, Ilmu Mendidik, Bandung: Alfabeta, 2011
Sanjaya, Wina, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2010
_________, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2011
Shihab, Quraish, Tafsi Al Mishbah, Jakarta: Lentera Hati, 2009
Djamarah, Syaiful Bahri dkk, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002
Trianto, Mendesain model pembelajaran inovatif progresif, Jakarta: Kencana, 2009














