KETERAMPILAN MENGKOMBINASIKAN METODE PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL FALAH AIRMOLEK

Authors

  • Usman Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Falah Airmolek
  • Shendy Pratama Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Falah Airmolek
  • Carina Dwi Putri Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Falah Airmolek

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v18i1.146

Keywords:

Keterampilan, Kombinasi, Metode, Pembelajaran

Abstract

Belajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan melibatkan unsur rohani dan jasmani. Belajar merupakan serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku ke arah yang lebih baik, sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, efektif, dan psikomotor. Dalam proses pembelajaran seorang guru haruslah memiliki metode yang tepat agar mampu melaksanakan pengelolaan kegiatan pembelajaran dengan baik. Mengajar mengandung  tujuan agar peserta didik dapat mengembangkan diri yang dengan pengembangan diri itu  mengalami perubahan tingkah laku. Bahan pengajaran yang disampaikan berproses melalui metode tertentu, sehingga dengan metode yang digunakan tujuan pengajaran dapat tercapai. Tidak ada sebuah metode pembelajaran yang sempurna, karena setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan. Karena itulah penggunaan sebuah metode akan efektif jika ditopang oleh metode yang lain, dan setiap pendidik dituntut agar terampil dalam mengkombinasikan metode-metode pembelajaran, agar proses pembelajaran berjalan dengan aktif dan menyenangkan.

References

Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2012

Kementerian Agama RI, Al-Qur’annulkarim, Jakarta: Sygma, 2010

Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005

Poerwadarminta W.J.S., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1999

Ramayulis, Profesi dan Etika Keguruan, Jakarta: Kalam Mulia, 2013

. Metodologi Pengajaran 1 Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2001

Rohani, Ahmad, Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2004

Sadulloh, Uyoh, Ilmu Mendidik, Bandung: Alfabeta, 2011

Sanjaya, Wina, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2010

_________, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2011

Shihab, Quraish, Tafsi Al Mishbah, Jakarta: Lentera Hati, 2009

Djamarah, Syaiful Bahri dkk, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Trianto, Mendesain model pembelajaran inovatif progresif, Jakarta: Kencana, 2009

Downloads

Published

2024-07-02

How to Cite

Usman, Shendy Pratama, & Carina Dwi Putri. (2024). KETERAMPILAN MENGKOMBINASIKAN METODE PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL FALAH AIRMOLEK. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 18(1), 948–960. https://doi.org/10.55558/alihda.v18i1.146

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.