IMPLEMENTASI METODE DRILL ALQURAN HADITS
DOI:
https://doi.org/10.55558/alihda.v18i1.148Keywords:
Metode Drill Alquran HaditsAbstract
Metode Drill merupakan metode mengajar dengan cara menyuruh siswa mengerjakan sesuatu secara berulang-ulang. Dengan demikian metode drill sangat cocok digunakan dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits terlebih dalam menghafalkan ayat-ayat yang terdapat di dalamnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi metode drill pada mata Pelajaran al qur’an hadis?Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode drill pada mata Pelajaran alquran hadis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dan Siswa kelas.VII MTsN Indragiri Hulu.
Adapun metode drill dikatakan sebagai metode pelatihan pada mata Pelajaran alqur’an hadis yang mesti dilakukan oleh seorang guru dengan melaksanakan langkah-langkah yang ada. Dengan melaksanakan implementasi metode drill secara maksimal oleh guru maka akan memudahkan para siswa memahami Pelajaran alqur’an hadis ini.
References
Ahmad Munjin Nasih, S.Pd.,M.Ag.2013. “Metode dan Teknik Pembelajaran Agama Islam.
Al-Qattan Manna, Studi ilmu-ilmu Al-Qur’an.
Bukhari Umar, Ilmu Pendidikan Islam,Jakarta, Sinar Grafika 2017.
Drs.Bukhari Umar, M.Ag, Ilmu Pendidikan Islam ,Jakarta: Sinar Grafika, 2017
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2002.
Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, edisi revisi, Jakarta: kalam Mulia, 2010.
Roestiyah N.K , Strategi Belajar Mengajar , Jakarta : PT.Rineka Cipta, 1996.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan.














