INOVASI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DENGAN TEKNIK AKROSTIK

Authors

  • Indra Rasyid Julianto Universitas Tangerang Raya

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v19i2.157

Keywords:

inovasi pembelajaran, keterampilan menulis puisi, teknik akrostik, sekolah menengah pertama

Abstract

Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan deskriptif kualitatif melalui beberapa literatur yang diperoleh berdasarkan kefokusan materi. Teknik akrostik merupakan teknik yang memberikan kemudahan dalam keterampilan menulis puisi karena menyasar pada awal huruf secara vertikal yang nantinya akan tersusun menjadi sebuah kalimat inti. Banyaknya anggapan bahwa pembelajaran keterampilan menulis puisi terbilang sulit dan membutuhkan proses yang panjang memberikan tantangan tersendiri bagi para guru dalam pengaplikasiannya. Berdasarkan hasil studi literatur yang diperoleh, teknik akrostik dapat memberikan progres yang signifikan dalam membantu para guru dan siswa di sekolah menengah pertama pada pembelajaran keterampilan menulis puisi. Pembelajaran sastra yang dapat diekspresikan dengan apa saja pun menjadi peluang bagi guru dalam mengimplementasikannya di dalam kelas. Penggunaan teknik akrostik dapat menjadi alternatif yang memberikan efek kesenangan pada siswa, karena menjadi wahana baru untuk mereka dalam bersastra.

References

Abduh, N. K. (2018). Pemanfaatan Teknik Akrostik untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11(1), 40.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.

Azis, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Teknik Akrostik pada Peserta Didik kelas VIII B SMP Negeri 1 Wonomulyo Kec.Wonomulyo Kab.Polowali Mandar. Jurnal Pepastuzdu, 10(1), 68–84.

Bawamenewi, A. (2021). Teknik Akrostik untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 638–642.

Fachruwanas, R. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Batu dengan Menerapkan Teknik Akrostik. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 15(20).

Hajan, B. H., Castillo-Hajan, B., Artes, R., Jackaria, P. M., Mastul, A. R. H., Ayangco-Derramas, C., & Sali, F. Z. V. (2024). Analysis of The Writing Quality of Senior High School Students’ Research Introductions. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 23(5), 219–238.

Harahap, M. A. P. K., Hasibuan, A. R., Siregar, A. H., Khairunnisa, S., & Ramadhani, N. H. (2023). Efektivitas Metode Dikte Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 119–128.

Julianto, I. R. (2022). Pola Pikir terhadap Ungkapan Emosi Anak sebagai Bentuk Pengekspresian Bahasa. Pentas: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 61–68.

Julianto, I. R. (2023). Peran Guru Bahasa Indonesia dalam Pengimplementasian Profil Pelajar Pancasila. Bastra, 8(2), 2503–3875.

Julianto, I. R., Harini, Y. N. A., & Saadie, M. (2021). Style Guruh Soekarnoputra Menulis Lirik Lagu dalam Album Puspa Ragam Karya. Bahtera Sastra Indonesia, 3(2), 1–7.

Julianto, I. R., Supriyanto, T., & Doyin, M. (2024). Pandangan Dunia Pengarang dan Kesalehan Sosial dalam Kumpulan Puisi Rahman Rahim Cinta Karya Emha Ainun Nadjib. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 14(1), 250–256.

Julianto, I. R., & Umami, A. S. (2023). Pola Asuh Keluarga dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak sebagai Implementasi Literasi Keluarga. Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 6(2), 167–174.

Kirana, N. S., & Warsiman. (2023). Kesalahan Penggunaan EYD dalam Kompetensi Menulis Teks Berita Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(2), 432–443.

Koly, Y. F. M. (2021). Menulis Puisi dengan Teknik Akrostik. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 1(2), 32–35.

Maulansyah, R. D., Febrianty, D., & Asbari, M. (2023). Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Penting dan Genting! Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 31–35.

Musfirah, M., Agussalim, H., Kasau, M. N. R., Khalik, S., Lanta, J., & Saifullah, S. (2022). Pengaruh Teknik Akrostik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa. Cakrawala Indonesia, 7(1), 9–14.

Nazriani, N., & Nurlaila, M. (2023). Pelatihan Menulis Puisi dengan Menggunakan Teknik Akrostik pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Satap Kulisusu Kec. Kulisusu Kabupaten Buton Utara. Abdimas, 4(1), 22–26.

Paida, A. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Puisi dengan Teknik Akrostik Melalui Metode Gallery of Learning (Galeri Belajar) Siswa Kelas VII SMPN 3 Bontonompo Kabupaten Gowa. Konfiks, 3(1), 1.

Putri, N. A., Hasanah, A., Julianto, I. R., Wagiran, & Naryatmojo, D. L. (2022). Rekonstruksi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Pengembangan Keterampilan Menulis Teks Anekdot bagi Siswa SMA / MA di Era Merdeka Belajar. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Lalonget I, 307–318. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7599

Putri, S. M., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Menunjang Pembelajaran Menulis Puisi di SMP. Senada (Seminar Nasional Daring), 47–54.

Putriningsih, N., Bagiya, B., & Setyorini, N. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Teknik Akrostik dan Media Gambar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 33 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Surya Bahtera, 5(48), 56–62.

Rahmawati, D., & Citrawati, T. (2023). Jenis Kesulitan Menulis Puisi bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 45–50.

Setiani, H., Mulia, T., & Utomo, A. P. Y. (2022). Kesantunan Berbahasa Pada Video Kegiatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Laporan Percobaan SMPN 2 Banjit Tahun 2018/2019. Jurnal Parafrase: Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 4(2), 61–73.

Shany, A., & Astuti, R. D. (2024). Analisis Gaya Bahasa Puisi Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono: Kajian Stilistika. Biduk: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 55–62.

Simanjuntak, K., & Siregar, R. S. (2022). Perkembangan Kognitif Peserta Didik dan Implementasi dalam Kegiatan Pembelajaran. Riyadhah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 111–124.

Sukirman, & Mirnawati. (2020). Pengaruh Pembelajaran Sastra Kreatif Berbasis Karakter Terhadap Pengembangan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Didaktika, 9(4), 389–401.

Suparman, N. S., & Irsandi, F. (2022). Adapting Languange Teaching Methods to Generation Y’S Learning Styles: A Study in the Context of Modern Education. Al-[2]Ihda’ : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 17(2), 838–848.

Sutirta, E. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 6 Kediri dalam Menulis Puisi dengan Pengembangan Model Nama. Efektor, 6(1), 84.

Taufik, Ismail, Imansyah, M. N., & Kasmita, M. P. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital dalam Pembelajaran Menulis Puisi di SMP Negeri 2 Woja. Nusra: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 684–691.

Wati, S. (2023). Building Literary Literacy Local Wisdom to Develop Students Writing Skills. Prosiding Konferensi Internasional Kesusastraan XXXII HISKI, 193–204.

Yuliantoro, A. (2024). Pengajaran Apresiasi Puisi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Downloads

Published

2024-10-14

How to Cite

Julianto, I. R. (2024). INOVASI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DENGAN TEKNIK AKROSTIK. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 19(2), 1521–1529. https://doi.org/10.55558/alihda.v19i2.157

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.