PENGERTIAN DAN IMPLEMENTASI INDIKATOR SERTA MATERI PEMBELAJARAN SKI UNTUK MTS DAN MA

Authors

  • Cindy Elvira Alizaa Zhafira IAIN PALANGKA RAYA
  • Noorazmah Hidayati Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v19i1.195

Keywords:

Definition, Implementation, Learning Indicators, Learning Materials, History of Islamic Culture, MTs, MA

Abstract

This article discusses the understanding and implementation of indicators and learning materials for Islamic Cultural History (ISH) for Madrasah Tsanawiyah (MTs) and Madrasah Aliyah (MA). ISH is an important subject in shaping students' understanding of Islamic history and culture. In this study, we analyze various indicators used to evaluate the effectiveness of ISH learning, as well as explore relevant materials and their practical applications in the context of Islamic education. The methods used are literature study and curriculum document analysis to identify needs and challenges in implementing ISH learning. The results of the study indicate that a deep understanding of learning indicators can improve the quality of ISH education, as well as provide a strong foundation for students in understanding Islamic cultural heritage.Keywords: Definition, Implementation, Learning Indicators, Learning Materials, History of Islamic Culture, MTs, MA.

References

Aliyah, A. (2023). Inovasi pembelajaran dengan media berbasis prezi untuk meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(4), 1899-1904.https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6223Fathiha, N. (2023). Analisis kesiapan penerapan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran ski di min 4 ponorogo. pedagogia, 3(1), 54-63. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i1.89Rindawan, R., Supriadin, S., & Muhsan, M. (2023). Evaluasi manajemen pembelajaran madrasah aliyah manhalul ma’arif darek menggunakan evaluasi model cipp. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1).https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4698Sumantri, S., Muchtarom, M., Yusmansyah, E., Rahman, I., & Karimah, I. (2023). Implementasi standar pendidikan tingkat smp/mts di mts al ihsan baleendah. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4491-4501.https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2079Wahyudi, W. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam di madrasah tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 7(6), 3692-3701. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6507Zahwa, N., Hilda, N., Astuti, T., Weryani, W., Prasetyawati, Y., Zulkardi, Z., & Sukmaningthias, N. (2022). Studi literatur: implementasi merdeka belajar dalam meningkatkan mutu pembelajaran matematika selama pandemi. Biormatika Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 110-119.https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1186Diputra, S. (2018). Analisis kemampuan guru melaksanakan pembelajaran tematik terintegrasi pendidikan karakter. International Journal of Elementary Education, 2(2), 138. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14416Hayanum, R., Sari, R., & Nurhafidhah, N. (2023). Pengembangan media pembelajaran e-modul interaktif dengan menggunakan aplikasi exe-learning. Katalis Jurnal Penelitian Kimia Dan Pendidikan Kimia, 5(2), 7-17.https://doi.org/10.33059/katalis.v5i2.6970Mega, N., Nissa, H., & Nugraha, A. (2020). Memfasilitasi pemelajar modern dengan video pembelajaran yang efektif dan menarik facilitating modern learners with effective and interesting instructional video. Jurnal Teknodik, 137-148. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.518Pratiwi, N. (2023). Pengembangan kognitif pada pendidikan holistik dalam pembelajaran agama hindu di sd no. 11 jimbaran kabupaten badung. Japam (Jurnal Pendidikan Agama), 3(02), 174-187.https://doi.org/10.25078/japam.v3i02.268712Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol 18 No.2 (Oktober2023); E-ISSN : 2686-2387 P-ISSN : 1907-8285Aliyah, A. (2023). Inovasi pembelajaran dengan media berbasis prezi untuk meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(4), 1899-1904. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6223Hedayani, E. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran geometri berbasis learning trajectory berorientasi kemampuan berpikir kritis dan kreatif untuk siswa sekolah menengah pertama. Pythagoras Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 158-167. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.21242Miftah, M. (2015). Media pembelajaran: dari konsepsi ke utilisasi dan permasalahannya. Jurnal Kwangsan, 3(2), 135. https://doi.org/10.31800/jkwangsan-jtp.v3n2.p135--145Satriawan, M. and Rosmiati, R. (2017). Pengembangan bahan ajar fisika berbasis kontekstual dengan mengintegrasikan kearifan lokal untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika pada mahasiswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1212. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n1.p1212-1217Wakila, Y. (2019). Penerapan metode pqrst (preview, question. read, summarize and test) dalam pembelajaran ski untuk peserta didik madrasah ibtidaiyah cikoneng. Jurnal Ilmiah Social Teknik, 1(1), 48-58. https://doi.org/10.46799/jequi.v1i1.28Widianto, E. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213.https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707Aliyah, A. (2023). Inovasi pembelajaran dengan media berbasis prezi untuk meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(4), 1899-1904.https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6223Humeirah, M. (2023). Analisis kesulitan pembelajaran pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi di smk kelas xii dpib. Indonesian J. Build. Eng., 3(2), 89-100. https://doi.org/10.17509/jptb.v3i1.56952Mansyur, A. (2020). Dampak covid-19 terhadap dinamika pembelajaran di indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113.https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55Purwaningrum, S. (2023). Pengembangan buku sejarah kebudayaan islam kelas viii berbasis higher order thinking skills. Edudeena, 7(1), 43-57. https://doi.org/10.30762/ed.v7i1.867Rasam, F. and Sari, A. (2018). Peran kreativitas guru dalam penggunaan media belajar dan minat belajar dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik smk di jakarta selatan. Research and Development Journal of Education, 5(1), 95. https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3391Sari, F., Suhaidi, M., Febrina, W., & Desyanti, D. (2021). Pelatihan pembuatan media 13Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol 18 No.2 (Oktober2023); E-ISSN : 2686-2387 P-ISSN : 1907-8285pembelajaran sempoa berbasis teknologi informasi. Abdine Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 14-19.https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.171Sinaga, M. (2023). Implemetnasi strategi pembelajaran inquiry pada mata pelajaran ski. JEMAST, 2(2), 122-129.https://doi.org/10.57255/jemast.v2i2.221Zuana, T. (2023). Pengaruh media augmented reality terhadap hasil belajar sejarah kebudayaan islam. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 149-154. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.3059Abdila, A. and Khairuna, K. (2022). Identification of misconceptions in the material origin of life in terms of student learning outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 8(3), 1350-1354.https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i3.1651Amrullah, S., Ramdani, Z., & Amri, A. (2021). Manajemen pengembangan kurikulum madrasah aliyah (studi deskriptif di madrasah aliyah al-falah 2 nagreg kabupaten bandung). Pakar Pendidikan, 19(1), 73-85.https://doi.org/10.24036/pakar.v19i1.208Ansori, M. (2021). Pengembangan kurikulum madrasah di pesantren. Munaddhomah Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 41-50. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.32Asdamayanti, N., Nasution, E., & Sari, M. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa madrasah aliyah pada materi spltv. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1141-1152. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2084Darmawan, A. (2023). Pola prediksi kelulusan siswa madrasah aliyah swasta dengan support vector machine dan random forest. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 387-400. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12388Karimah, I. (2024). Penggunaan media pembelajaran digital dalam meningkatkan mutu pembelajaran di madrasah aliyah pembangunan uin jakarta. JoME, 2(01), 29-34. https://doi.org/10.61683/jome.v2i01.99Mafruhah, A. (2023). Analisis kurikulum aqidah di madrasah aliyah miftahul falah bandung. Edunity Kajian Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(2), 284-297. https://doi.org/10.57096/edunity.v2i2.62Margaretha, D., Nadlif, A., Astutik, A., & Hasan, S. (2023). Independent learningindependent campus policy innovation at state aliyah madrasas. Nidhomul Haq Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 1-13.https://doi.org/10.31538/ndh.v8i1.2942Mayasri, A. (2024). Membangun era baru pembelajaran: pelatihan pembuatan emodul praktikum ipa dengan canva dalam kurikulum merdeka. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(2), 1927. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.2176314Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol 18 No.2 (Oktober2023); E-ISSN : 2686-2387 P-ISSN : 1907-8285Nur, T. (2024). Implementation of arabic language learning with school-based management. Nidhomul Haq Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 1-15. https://doi.org/10.31538/ndh.v9i1.4344Sutrisna, S., Normawati, N., & Lasawali, A. (2021). Penerapan metode pembelajaran simulasi pada mata pelajaran akidah akhlak ii madrasah aliyah ddi bonde. Iqra Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 15(2), 63-69. https://doi.org/10.56338/iqra.v15i2.1573Apriansyah, R. (2023). Analisis peran guru dalam proses pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19. Educenter Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 38-43. https://doi.org/10.55904/educenter.v2i1.206Budiarti, A. (2023). Implementasi nilai ketuhanan yang maha esa dalam pembentukan karakter pelajar pancasila di sekolah menengah pertama. DeCive, 3(8), 272-277. https://doi.org/10.56393/decive.v3i8.2019Fauzia, R. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(3), 1608-1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323Helwend, Y. (2023). Upaya guru dalam meningkatkan karakter tanggung jawab peserta didik di sekolah dasar. Sistem-Among, 3(2), 42-47. https://doi.org/10.56393/sistemamong.v3i2.1723Jannah, M., Dewi, N., & Oktaviyanti, I. (2021). Analisis faktor kesulitan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) di sdn 05 ampenan. Jurnal Ilmiah Pendas Primary Education Journal, 2(1), 42-50.https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.100Mulyatna, F., Indrawati, F., & Hartati, L. (2018). Pelatihan pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) berdasarkan kurikulum 2013. Abdimas Dewantara, 1(1), 11. https://doi.org/10.30738/ad.v1i1.2128Pertiwi, P., Novaliyosi, N., Nindiasari, H., & Sukirwan, S. (2023). Analisis kesiapan guru matematika dalam implementasi kurikulum merdeka. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1717-1726.https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1435Prihastuti, L., Fitriyani, S., Romadhon, F., Pratiwi, D., & Prayitno, H. (2021). Pembelajaran kreatif guna meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 21-30.https://doi.org/10.56972/jikm.v1i1.3Rahayu, M. (2023). Peran guru dalam proses pembelajaran matematika era new normal di kelas x ips sman 2 mandau. JEMAST, 2(1), 21-30. https://doi.org/10.57255/jemast.v2i1.227Sadikin, A. and Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19. Biodik, 6(2), 214-224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.975915Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol 18 No.2 (Oktober2023); E-ISSN : 2686-2387 P-ISSN : 1907-8285Sitompul, L. and Nababan, E. (2022). Implementasi pembelajaran bermakna melalui metode project based learning (pjbl) pada materi teks prosedur kelas xi. Kode Jurnal Bahasa, 11(2). https://doi.org/10.24114/kjb.v11i2.36283Wahidin, U. (2018). Implementasi literasi media dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 229.https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.284Wardhani, J. (2023). Penguatan keterampilan dengan stimulasi literasi berbasis tik bagi guru ikatan guru aisyiyah bustanul athfal (igaba) kartasura. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 12-20. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i1.22722Widiyaningsih, P. (2023). Peran guru dalam memaksimalkan semangat belajar peserta didik pada implementasi program kurikulum merdeka di smk negeri 1 boyolali. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6325-6332.https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2753

Downloads

Published

2025-04-27

How to Cite

Alizaa Zhafira, C. E., & Noorazmah Hidayati. (2025). PENGERTIAN DAN IMPLEMENTASI INDIKATOR SERTA MATERI PEMBELAJARAN SKI UNTUK MTS DAN MA. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 19(1), 1414–1426. https://doi.org/10.55558/alihda.v19i1.195

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.