MODEL PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA PERSEPEKTIF ABDURRAHMAN WAHID DAN AMIN RAIS

Authors

  • Rahmayani Siregar Pascasarjana UIN sultan syarif kasim riau
  • Alwizar Pascasarjana UIN sultan syarif kasim riau
  • Djefrin E.Hulawa Pascasarjana UIN sultan syarif kasim riau

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v19i2.167

Keywords:

Model Pendidikan Islam, Abdurrahman Wahid, Amin Rais

Abstract

Abdurrahman Wahid, yang lebih dikenal sebagai Gus Dur, adalah tokoh muslim Indonesia yang lahir pada 7 September 1940 di Jombang, Jawa Timur. Pada masa Orde Baru, Gus Dur adalah salah satu kritikus utama rezim Soeharto. Dia memainkan peran penting dalam gerakan reformasi dan demokratisasi Indonesia. Pemikiran Gus Dur mengenai pendidikan Islam, yaitu pembelajaran haruslah membebaskan pemikiran manusia dari belenggu-belenggu tradisionalis yang kemudian ingin didaur ulang dengan melihat pemikiran kritis yang terlahir oleh Barat modern.

Amin Rais adalah seorang politikus, intelektual, dan tokoh Islam Indonesia yang lahir pada 26 Juni 1944 di Sulawesi Selatan. Dia dikenal sebagai salah satu tokoh reformasi Indonesia dan memiliki peran penting dalam perubahan politik Indonesia pada era pasca-Orde Baru. Amin Rais menyuarakan pandangan bahwa pendidikan Islam di Indonesia harus menjadi sarana untuk membangun karakter yang kuat dan tangguh dalam menghadapi tantangan zaman. Baginya, pendidikan Islam harus mendorong kesadaran akan identitas keislaman yang kokoh dan kritis, serta mengembangkan kecerdasan spiritual dan intelektual yang seimbang.

References

Barton, G. (2003). Biografi Gus Dur; The Authorized Biograp+ C502hy of KH. Abdurrahman Wahid (Soft Cover). Lkis Pelangi Aksara.

Syah, F. (2022). Tradisi Keintelektualan Pemikiran dan Biografi Abdurrahman Wahid (Gus Dur). EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan, 5(2).

Nurcholish, A. (2015). Peace Education & Pendidikan Perdamaian Gus Dur. Elex Media Komputindo.

Hidayat, A. (2023). Konsep Pendidikan Islam di Era Globalisasi: Studi Pemikiran KH. Abdurrahman Wahid. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 231-266.

Syahputra, M. C. (2018). Pendidikan Islam Multikultural (Studi Komparasi Pemikiran Abdurrahman Wahid Dan Nurcholish Madjid) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Wahid, A. (Ed.). (2009). Ilusi negara Islam: ekspansi gerakan Islam transnasional di Indonesia. Wahid Institute.

Aning, F. (2005). 100 tokoh yang mengubah Indonesia: biografi singkat seratus tokoh paling berpengaruh dalam sejarah Indonesia di abad 20. Penerbit Narasi.

Rahayu, F. E. (2005). Tipe Kepemimpinan Nasional Yang Ideal Menurut Amien Rais (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Danial, A. (2009). Iklan Politik TV; Modernisasi Kampanye Politik Pasca Orde Baru. LKIS Pelangi Aksara.

Atabik, A. (2015). Konsep penciptaan alam: Studi komparatif-normatif antar agama-agama. Fikrah, 3(1), 101-122.

Azca, M. N., Salim, H., Arrobi, M. Z., Asyhari, B., & Usman, A. (2021). Dua menyemai damai: peran dan kontribusi Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama dalam perdamaian dan demokrasi. UGM PRESS.

Zainiyati, H. S., Al Hana, R., & Sakdullah, M. (2021). Pendidikan Islam Berbasis Karakter: Perspektif Gus Dur dan Cak Nur.

Downloads

Published

2024-10-14

How to Cite

Rahmayani Siregar, Alwizar, & Djefrin E.Hulawa. (2024). MODEL PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA PERSEPEKTIF ABDURRAHMAN WAHID DAN AMIN RAIS. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 19(2), 1412–1418. https://doi.org/10.55558/alihda.v19i2.167

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.