PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SMA

Authors

  • Nur Aprilda Mardatillah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Diah Ayu Rahmani UIN Sultan Syarif Kasim, Riau
  • Nurlatifah Intan Azura

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v18i2.207

Keywords:

Model, Pembelajaran, Quantum, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Jurnal ini membahas tentang pelaksanaan model pembelajaran Quantum dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) khususnya pada tingkat SMA. Model pembelajaran Quantum, yang pertama kali dikembangkan oleh Bobbi De Porter dengan menawarkan pendekatan dinamis dan interaktif dengan prinsip integrasi aspek fisik, emosional, dan intelektual siswa. Fokus utama model ini adalah menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, efektif, dan bermakna melalui langkah-langkah sistematis yang dikenal sebagai TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasi, Ulangi, Rayakan).

Dalam pembelajaran PAI, model Quantum dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui pengalaman nyata, kolaborasi aktif, dan penghargaan terhadap keberagaman gaya belajar. Studi kasus pada materi “Adab Menggunakan Media Sosial” menunjukkan bahwa pendekatan ini mampu meningkatkan keterlibatan siswa dan memperkuat pemahaman konsep melalui kegiatan kreatif dan partisipatif. Model pembelajaran Quantum berpotensi menjadi solusi inovatif dalam mengatasi keterbatasan pendekatan konvensional dan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran PAI secara holistik.

References

Ali Saladin, Andi. 2016. Workshop Model Pembelajaran Quantum Bagi Guru-Guru SD di Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten. Jurnal Ilmiah PGSD. 10 (2).

Ariani, Nurlina. 2021. Monograf: Model Quantum Teaching dan Metode Scaffolding. Jawa Barat: Widina Bhakti Persada Bandung.

Aryati, Ani. 2023. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdayama, Jumanta. 2019. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Istarani. 2016. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Juned, Muhammad. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies. 2 (3).

Khoerunnisa, Putri. 2020. Analisis Model-Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar. 4 (1).

Luh Suyantini, Ini. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX E Semester Ganjil SMP Negeri 2 Kubu Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal IKA. 17 (1).

Malahayati. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Dalam Mata Pelajaran Fikih. Jurnal Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset. 1 (1).

Parni. 2017. Faktor Internal Dan Eksternal Pembelajaran. Tarbiya Islamica. 5 (1).

Pratama, Fidya Arie. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Melalui Strategi Tandur Untuk Meningkatkan Kompetensi Kognisi Siswa: Jurnal Ilmiah Edukasi. 6 (1).

Sianturi, Canni Loren. 2022. Quantum Teaching Tipe Tandur. Tasikmalaya: PRCI.

Silki, Nurul. 2021. Karakteristik Keefektifan Quantum Teaching dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Renjana Pendidikan Dasar. 1 (2).

Sukmawati, Henni. 2017. Quantum (Pengertian, Prosedur penggunaan dan keutamaannya). Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam. 3 (1).

Syauki, Ahmad Yanuar. 2021. Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Berpikir Kritis Siswa pada mata pelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 10 (2).

Downloads

Published

2025-05-22

How to Cite

Nur Aprilda Mardatillah, Diah Ayu Rahmani, & Nurlatifah Intan Azura. (2025). PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SMA. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 18(2), 1281–1288. https://doi.org/10.55558/alihda.v18i2.207

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.