PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS MULTIKULTURAL

Authors

  • Faisal Amir Toedien Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RIAU
  • Andi Murniati UIN Sultan Syarif Kasim, Riau

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v18i2.216

Keywords:

Pengembangan Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Multikultural

Abstract

Penelitian ini menkaji tentang pengembangan Kurikulum pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang berbasis multikultural dengan metode studi kepustakaan yang menggunakan jurnal dan buku terkait. Kurikulum ini dirancang sebagai konstruksi pedagogis yang secara proaktif mengintegrasikan nilai-nilai keberagaman, seperti toleransi, empati, dan kemampuan berpikir kritis, ke dalam pembelajaran. Dengan landasan filosofis, psikologis, sosiologis, dan epistemologis yang kokoh, kurikulum ini bertujuan membentuk individu yang tidak hanya menguasai pengetahuan agama, tetapi juga memiliki kompetensi sosial-emosional yang kuat. Pendekatan interdisipliner, meliputi studi budaya, sastra, bahasa, dan pendidikan moral, diterapkan untuk menciptakan generasi muda yang mampu beradaptasi dan berkontribusi positif dalam masyarakat majemuk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum ini menjadi upaya strategis untuk menanamkan nilai-nilai multikultural dalam proses pendidikan, sehingga mendorong harmoni dan penghargaan terhadap keberagaman.

References

R. Mansur, “Pengembangan Kurikulim Pendidikan Agama Islam Multikultural (Suatu Prinsip-prinsip Pengembangan),” J. Kependidikan Dan Keislam. FAI Unisma, vol. 10, no. 2, pp. 1–8, 2016, [Online]. Available: http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/165/165

Presiden Republi Indonesia, “Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional,” 2003, Jakarta. doi: 10.24967/ekombis.v2i1.48.

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja GrafindoPersada, 2010.

Peraturan Pemerintah RI, “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Bab 1 Pasal 1 dan 2,” 2007, Jakarta.

I. Tolhah, Sumanto, M. Nuruddin, and Husein, (DEPAG RI)Pendidikan Agama Islam dalam Lintasan Sejarah. 2016.

M. I. Firmansyah, “Pendidikan Agama Islam Pengertian Tujuan Dasar Dan Fungsi,” J. Pendidik. Agama Islam -Ta’lim, vol. 17, no. 2, pp. 79–90, 2019.

A. Rosada, Pendidikan Multikultural Strategi Mengelola Keberagaman di Sekolah,. Yogyakarta: PT KANISIUS, 2019.

Murniati Agustian, Pendidikan Multikultural. Jakarta: Universitas Katolik Indoneisa Atma Jaya, 2019.

S. Futaqi, Pendidikan Islam Multikultural Menuju Kemerdekaan Belajar. Lamongan: Nawa Litera Publishing, 2022.

N. Taufik, “Pengembangan Kurikulum Pai Berbasis Multikultural,” J. Ilmu Pendidik. Islam, pp. 52–62, 2021, [Online]. Available: http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/3639%0Ahttp://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/download/3639/2581

N. A. Verona, “Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Multikultural,” at-Tarbiyah al-Mustamirrah J. Pendidik. Islam, vol. 4, no. 1, p. 40, 2023, doi: 10.31958/atjpi.v4i1.6309.

K. Hammy, “Pengembangan Kurikulum PAI yang Berbasis Multikultural,” J. Al-Mutaaliyah J. Pendidik. Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 1, no. 1, pp. 26–52, 2016.

A. P. I. suardi Wekke, Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural,. Yogyakarta: Samudra Biru, 2021.

A. Yusuf, “Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Multikultural (Perspektif Psikologi Pembelajaran),” Al Murabbi J. Pendidik. Agama Islam, vol. 4, no. 2, pp. 251–274, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai

D. Y. Hadijaya, Darussalim, D. Yogaswara, M. Sidik, and W. T. Abdi, Manajemen Multikultural dalam Satuan Pendidikan. Medan: UMSU press, 2018.

M. Soleh, Implementasi Pendidikan Multikultural berbasis Profetik di pondok pesantren. Indramayu: Adab CV.Adanu Abimata, 2020.

A. R. Prasetyo and T. Hamami, “Prinsip-prinsip dalam Pengembangan Kurikulum,” Palapa J. Stud. Keislam. dan Ilmu Pendidik., vol. 8, no. 1, pp. 42–55, 2020, doi: 10.36088/palapa.v8i1.692.

A. Syafaruddin, Manajemen Kurikulum. Medan: Perdana Publishing, 2017.

N. S. Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

N. Rusyd, M. S. Nugraha, and A. Ma’arif, “Landasan Psikologis dalam Pengembangan Kurikulum PAI pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits MTs,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 3, pp. 2218–2228, 2024, doi: 10.31004/edukatif.v6i3.6666.

N. Tri et al., Pendidikan Multikultural, no. November. 2023.

A. Faridah, “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural,” Investama J. Ekon. Bisnis, vol. 7, no. 1, pp. 97–111, 2022, doi: 10.51192/almunadzomah.v1i2.320.

Downloads

Published

2025-05-09

How to Cite

Faisal Amir Toedien, & Andi Murniati. (2025). PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS MULTIKULTURAL. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 18(2), 1272–1280. https://doi.org/10.55558/alihda.v18i2.216

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.