EVALUASI PENDIDIKAN ISLAM PERSFEKTIF FIQIH: UPAYA MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN YANG BERKUALITAS

Authors

  • Halimatu Sa’diah Stain Bengkalis
  • Chanifuddin Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam. STAIN Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v20i1.221

Keywords:

evaluasi pendidikan, islam, fiqh

Abstract

Evaluasi pendidikan Islam dalam perspektif fiqih merupakan upaya strategis untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas dan selaras dengan prinsip-prinsip syariat. Evaluasi ini tidak hanya bertujuan untuk mengukur hasil belajar, tetapi juga menilai proses pembelajaran, metode pengajaran, dan dampak terhadap pembentukan karakter peserta didik. Dalam fiqih, evaluasi pendidikan mencakup aspek akidah, ibadah, dan akhlak, sehingga pembelajaran mampu menghasilkan individu yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia. Dengan pendekatan ini, evaluasi menjadi instrumen penting dalam memastikan bahwa tujuan pendidikan Islam tercapai sesuai dengan tuntunan Al-Qur'an dan Sunnah. Melalui penerapan evaluasi yang berbasis fiqih, guru dan lembaga pendidikan dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan proses pembelajaran serta merancang perbaikan yang tepat. Pendekatan ini mendorong keterpaduan antara aspek spiritual, intelektual, dan moral dalam sistem pendidikan. Selain itu, evaluasi berbasis fiqih memberikan landasan untuk menanamkan nilai-nilai Islami dalam kehidupan sehari-hari peserta didik, sehingga pembelajaran tidak hanya berkualitas secara akademik, tetapi juga bermanfaat dalam membentuk generasi yang berkontribusi positif bagi masyarakat. Dengan demikian, evaluasi pendidikan Islam dalam perspektif fiqih menjadi bagian integral dari upaya mewujudkan pendidikan yang tidak hanya mencerdaskan, tetapi juga mendidik jiwa.

 

References

Al-Hakim, Z. (2023). Prinsip-Prinsip Evaluasi Pendidikan Berbasis Syariat. Islamic Education Journal, 11(2), 45-60.

Anwar, S. (2023). "Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Evaluasi Berbasis Fiqih." Jurnal Pendidikan Islam, 14(4), 67-80.

Aziz, M. (2024). "Konsep Evaluasi dalam Pendidikan Islam: Kajian Fiqih dan Pendidikan." Jurnal Studi Islam, 18(3), 34-47.

Fatmawati, D. (2024). "Evaluasi Pendidikan Islam: Pendekatan Integratif dalam Fiqih." Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 12-20.

Kurniawan, H. (2024). "Metode Evaluasi dalam Perspektif Pendidikan Islam." Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 10(1), 25-35.

Lestari, I. (2024). "Kendala dalam Menerapkan Evaluasi Berbasis Fiqih." Jurnal Pendidikan Islami, 8(2), 50-63.

Rahman, A. (2023). "Implementasi Evaluasi Berbasis Islam di Sekolah Menengah." Educational Studies Journal, 19(2), 89-100.

Syafrudin, M. (2024). "Solusi Optimalisasi Evaluasi Pendidikan Islam." Journal of Islamic Education Research, 7(3), 28-40.

Downloads

Published

2025-05-26

How to Cite

Halimatu Sa’diah, & Chanifuddin. (2025). EVALUASI PENDIDIKAN ISLAM PERSFEKTIF FIQIH: UPAYA MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN YANG BERKUALITAS. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 20(1), 1757–1763. https://doi.org/10.55558/alihda.v20i1.221

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.