PEMIKIRAN PENDIDIKAN MASA BANI UMAYYAH DAMASKUS (661-750M)

Authors

  • Sulastri Pendidikan Agama Islam, STAIN Bengkalis
  • Nasrun Harahap Pendidikan Agama Islam, STAIN Bengkalis
  • Faridah Pendidikan Agama Islam, STAIN Bengkalis
  • Azlina Pendidikan Agama Islam, STAIN Bengkalis
  • Azizah Pendidikan Agama Islam, STAIN Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v20i1.269

Keywords:

Pemikiran, Pendidikan Islam, Bani Umayyah

Abstract

Pemikiran Pendidikan Masa Bani Umayyah (661-750 M) menggambarkan periode transisi yang penting dalam sejarah pendidikan Islam. Studi ini menggunakan metode kajian literatur untuk mengeksplorasi karakteristik pendidikan, tempat-tempat pendidikan, dan perkembangan pemikiran pendidikan pada masa tersebut. Dinasti Umayyah, meskipun awalnya dianggap negatif oleh sejarawan, memiliki dampak signifikan dalam perkembangan pendidikan Islam. Pendidikan pada masa ini mencerminkan identitas Arab dan Islam yang kuat, dengan fokus pada pembelajaran Al-Quran, sastra Arab, ilmu-ilmu agama, dan bahasa Arab. Tempat-tempat pendidikan seperti khuttab, masjid, majelis sastra, pendidikan istana, badiah, perpustakaan, rumah sakit, serta pemikiran pendidikan yang tercermin dalam nasihat-nasihat khalifah dan tulisan ulama, semuanya membentuk landasan penting bagi perkembangan pendidikan Islam. Meskipun ada kendala politik dan sosial, masa Bani Umayyah memberikan dorongan signifikan bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan pemikiran pendidikan Islam yang menjadi dasar bagi masamasa yang akan datang.

References

Abuddin Nata, Sejarah Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana)

Ahmad Syalabi, Sejarah Pendidikan Islam (Jakarta: Bulan Bintang, 1973)Zuhairini, Sejarah Pendidikan Islam, (Jakarta : Bumi Aksara, 1992)

Athiyyah Al Abrasi, Tarbiyah Al Islamiyah, Terj. Bustami A. Ghani (Jakarta, Bulan Bintang, 1993)

Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam; Dirasah Islamiyah II (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003)

Chanifudin, Tuti Nuriyati, Nasrun Harahap, “Rekonstruksi Kurikulum Pendidikan Islam (Analisis Pengembangan Dan Materi Pendidikan Islam)”, Volume. 16, No. 1, Tahun 2020

Dr. ali mufradi, islam di Kawasan kebudayaan( Jakarta:logos 1997)

Erwin, K. S. & M, Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam (Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2020)

Fadlil Munawwar Manshur, “Pertumbuhan dan Perkembangan Budaya Arab pada Masa Dinasti Umayyah” dalam Humaniora, Volume XV, No. 2, Tahun 2003

Farid Pemana, Pendidikan Islam Dan Pengajaran Bahasa Arab Pada Masa Dinasti Umayyah Volum. 12, No. 02, Tahun. 2018

Fazlur Rahman, Islam (Bandung: Penerbit Pustaka, 1994)

Hasan Langgulung, Asas-asas Pendidikan Islam (Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1992)

------------------------, Pendidikan Islam Menghadapi Abad-21 (Jakarta, Pustaka Al Husna, 1980)

Hj. Tatik Pudjiani, M.S.I,Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti,( JakartaDirektorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI :2019)

Nizar, Samsul, Sejarah Pergolakan Pemikiran Pendidikan Islam (Jakarta: Ciputat Press Group, 2005)

Rachman, T, Bani Umayyah Dilihat dari Tiga Fase (Fase Terbentuk, Kejayaan dan Kemunduran), (JUSPI: Jurn Sejarah Peradaban Islam 2018)

Samsul Nizar, Hadis Tarbawi (Jakarta: Kalam Mulia, 2011)

Samsyul Nizar, Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia (Kencana: Jakarta, 2008)

Sri Wahyuningsih, Pemikiran Pendidikan Islam Masa Dinasti Umayyah, Volume. 2, No. 2, Tahun 2023

Yusuf, Al Isy Dinasti Umawiyah. Jakarta : Pustaka Al-Kausar.2009

Yusuf Syu’aib, Sejarah Daulah Umayyah 1 (Jakarta: Bulan Bintang, 1997)

Zuhairini, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara . (1992)

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Sulastri, Nasrun Harahap, Faridah, Azlina, & Azizah. (2025). PEMIKIRAN PENDIDIKAN MASA BANI UMAYYAH DAMASKUS (661-750M). Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 20(1), 1952–1963. https://doi.org/10.55558/alihda.v20i1.269

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.