PEMBENTUKAN KARAKTER JUJUR DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI UJIAN LISAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKN
DOI:
https://doi.org/10.55558/al-ihda.v20i2.300Keywords:
Honest, Character, Responsibility, Oral ExamAbstract
Kemajuan teknologi membawa dampak besar pada pembentukan karakter manusia. Teknologi mempengaruhi cara berpikir, belajar, dan bertindak. Penggunaan Artificial Intelligence memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan tugas hingga melaksanakan Ujian Akhir Semester, kemudahan ini menimbulkan rasa malas dan ketergantungan. Salah satu langkah efektif yang dilakukan Dosen PPKn Universitas Bhinneka PGRI untuk membentuk karakter jujur dan tanggung jawab pada mahasiswa adalah melaksanakan ujian lisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembentukan karakter jujur dan tanggung jawab pada mahasiswa Program Studi PPKn Universitas Bhinneka PGRI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter jujur dan tanggung jawab melalui ujian lisan melalui beberapa tahap pertama kesiapan dalam kontrak perkuliahan, pemahaman dan penyelarasan capaian mata kuliah, pembekalan materi dan pemberian reward. Kesimpulannya, ujian lisan dapat membentuk karakter jujur dan tanggung jawab pada mahasiswa PPKn melalui 4 tahap.
References
Ambarsari, A., & Masrukhi, M. (2022). Penanaman Karakter Jujur Melalui Ujian Lisan pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 6(2), 133. https://doi.org/10.21043/ji.v6i2.16605
Chahnia, J., Kustati, M., & Amelia, R. (2023). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER JUJUR DAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 128–141. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i3.3095
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2022). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi. Jurnal Basicedu, 6(3), 3222–3229. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2581
Hariandi, A., Puspita, V., Apriliani, A., Ernawati, P., & Nuhasanah, S. (2020). IMPLEMENTASI NILAI KEJUJURAN AKADEMIK PESERTA DIDIK DI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR. In Nur El-Islam (Vol. 7, Issue 1).
Imam, S., & Hasan Argadinata, G. (2020). DAMPAK PEMBELAJARAN BERKARAKTER TERHADAP PENGUATAN KARAKTER SISWA GENERASI MILENIAL. In JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan (Vol. 3). http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/
Jaya, K., Prodi, W., Uin, P., Muhammad, A., Samarinda, I., Kholik, N., & Uin, A. (2023). IMPLEMENTASI METODE BERCERITA DALAM MEMBENTUK KARAKTER JUJUR PADA ANAK USIA DINI, (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia dini). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 08(02), 110–122. https://doi.org/10.24903/jw.v%vi%i.1320
Lase, F., & Halawa, N. (2022). Mendidik Peserta Didik Dengan Nilai Nilai Karakter Cerdas Jujur. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 190–206. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.28
Najili, H., Juhana, H., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Landasan Teori Pendidikan Karakter (Vol. 5, Issue 7). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Robi’, N., & Abidin, Z. (2020). Literasi Membaca Sebagai Upaya Pembentuk Karakter Peserta Didik (Jujur Dan Bertanggungjawab). In Nur Robi’ Zainal Abidin.
Siagian, M. R., & Tambusai, K. (2023). STRATEGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MENUMBUHKAN KARAKTER JUJUR DAN BERTANGGUNG JAWAB PADA SISWA. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 151–161. http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/fitrah
Simanjuntak, M., Parmonangan Sijabat, O., Sihaloho, E., & Artikel, R. (2024). PANDE NAMI JURNAL (PNJ) PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER KEJUJURAN, KEMANDIRIAN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM PELAJARAN IPS SISWA KELAS VI SD NEGERI 122358 PEMATANGSIANTAR INFO ARTIKEL ABSTRAK.
Siregar, M., Juniati Purba, C., Sohirimon Lumbanbatu, J., Sembiring, M., & Tinggi Pastoral Santo Bonaventura Keuskupan Medan, S. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Katolik dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Theologi, 2(9), 280–285. https://doi.org/10.56393/intheos.v2i3.1254














