UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIST MELALUI METODE REWARD AND PUNISHMENT DI KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM BRAJA HARJOSARI KECAMATAN BRAJA SELEBAH

Authors

  • Anisa Fatkhul janah STAI Darussalam Lampung
  • Damanhuri STAI Darussalam Lampung
  • Nur Indah Sari STAI Darussalam Lampung

DOI:

https://doi.org/10.55558/al-ihda.v20i2.303

Keywords:

hasil belajar, reward and punishment, Al-Qur'an Hadist

Abstract

Peningkatan kualitas hasil belajar Al-Qur’an Hadis menjadi fokus utama dalam upaya pengembangan pendidikan di MI Miftahul Ulum Braja Harjosari, Kecamatan Braja Selebah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menganalisis perubahan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Reward and Punishment, serta mengevaluasi efektivitas metode tersebut dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian terdiri dari 24 siswa kelas IV, dengan komposisi 14 peserta didik putri dan 10 peserta didik putra. Data dikumpulkan menggunakan instrumen lembar angket respon peserta didik, lembar aktivitas guru, dan hasil tes belajar, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam ketuntasan belajar siswa, dengan persentase ketuntasan pada pra tindakan sebesar 34%, meningkat menjadi 58% pada siklus I, dan mencapai 83% pada siklus II. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan model Reward and Punishment berhasil meningkatkan proses dan hasil belajar sesuai dengan target yang diharapkan.

 

References

As-Said, Jurnal. n.d. “Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii E Smp Islam Integral Luqman Al-Hakim Batam.”

Azwardi, Azwardi. 2021. “Application Of Rewards And Punishments In Improving Learning Outcomes Of Islamic Religious Education In State Middle School 1 Tembilahan.” Ta dib : Jurnal Pendidikan Islam 10 (2): 261–74. https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i2.8497.

Hawa, Siti. 2024. “Implementasi Metode Reward And Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Min 2 Karimun” 4 (1).

Kasrina, Ela. 2023. “Metode Reward dan Punishment : Solusi Tepat dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Edudeena : Journal of Islamic Religious Education 7 (1): 97–109. https://doi.org/10.30762/ed.v7i1.978.

Lubis, Maulana Arafat, and M Pd. n.d. “Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.”

Munawar, Mohamad. n.d. “Metode Pembelajaran Reward And Punishment Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Siswa Mi Muhammadiyah Tambaksari Blora Jawa Tengah.”

Ratnasari, Habibah Indah, and Triono Ali Mustofa. 2024. “Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik melalui Reward dan Punishment di SMPN 1 Nguntoronadi.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 9 (3): 1663–71. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1217.

Sa’Diyah, Halimatus. 2023. “Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri” 9 (1).

Subhaktiyasa, Putu Gede. 2024. “Menentukan Populasi dan Sampel: Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9 (4): 2721–31. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2657.

Yandi, Andri, Anya Nathania Kani Putri, and Yumna Syaza Kani Putri. 2023. “Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review).” Jurnal Pendidikan Siber Nusantara 1 (1): 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14.

Yogi Fernando, Popi Andriani, and Hidayani Syam. 2024. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan 2 (3): 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843.

Downloads

Published

2025-10-24

How to Cite

Anisa Fatkhul janah, Damanhuri, & Nur Indah Sari. (2025). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIST MELALUI METODE REWARD AND PUNISHMENT DI KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM BRAJA HARJOSARI KECAMATAN BRAJA SELEBAH. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 20(2), 2196–2206. https://doi.org/10.55558/al-ihda.v20i2.303

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 

You may also start an advanced similarity search for this article.