USLUB TIKRAR DALAM AL-QUR’AN (STUDI KOMPARATIF KITAB TAFSIR AL-KASYSYĀF DAN TAFSIR AL-BAḤR AL-MADĪD FĪ TAFSĪR AL-QUR’ĀN AL-MAJĪD)
DOI:
https://doi.org/10.55558/al-ihda.v20i2.309Keywords:
Tafsir Al-Kasysyāf, Tafsir Al-Baḥr Al-Madīd;, BalāghahAbstract
Penelitian ini membahas analisis uslūb tikrār (pengulangan) dalam Al-Qur’an dengan fokus pada dua karya tafsir utama, yaitu Al-Kasysyāf karya Az-Zamakhsyari dan Al-Baḥru Al-Madīd karya Ibnu ‘Ajībah. Pengulangan dalam Al-Qur’an bukan sekadar pengulangan biasa, melainkan memiliki berbagai fungsi dan urgensi yang mendalam, seperti pengkhususan, penegasan (ta’kīd), penyeluruhan (isytimāl), dan peringatan keras (taghlīzh). Studi ini juga menegaskan bahwa tikrār merupakan bagian dari kemukjizatan Al-Qur’an yang berperan sebagai metode dakwah efektif, mengakomodasi beragam cara penerimaan pesan oleh umat manusia. Analisis meliputi contoh-contoh ayat yang mengalami tikrār baik secara lafzhi (kata atau kalimat yang diulang dalam satu ayat maupun antar ayat) maupun maknawi (pengulangan makna dalam konteks berbeda). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengulangan dalam Al-Qur’an merupakan sarana strategis untuk memperkuat pesan-pesan Ilahi, memfasilitasi pemahaman, dan meningkatkan kesadaran spiritual pembaca atau pendengar, sehingga menjadikan Al-Qur’an relevan dan aplikatif bagi setiap zaman dan tempat.
References
Abdur Rahman Muhammad As-Syahraniy. (1983). At-Tikrār Mazhahiruhu wa Asraruhu. Mekkah: Universitas Ummu Al-Qura.
Abu Qasim Mahmud ibn Umar Az-Zamakhsyari. (2010). Al-Kasyyāf ‘An Haqāiq At-Tanzīl wa ‘Uyūn Al-Aqāwīl fī Wujūhi At-Ta’wīl (Vols. 1-4). Kairo: Maktabah Mishr.
Al-‘Askari. (n.d.). Al-Furūq al-Lughawiyah. Beirut: Dar Kutub al-‘Ilmiyah.
Al-Hasyimi, A. I. (n.d.). Jawāhirul Balāghah. Beirut: Al-Maktabah Al-Asriyah.
As-Syaikh, A. S. A. A. (n.d.). Zhahiratu at-Tikrār fi al-Qur’an al-Karim. Kairo: Jamiah al-Malik Faishol.
Az-Zarqani, M. A. A. (n.d.). Manāhil al-‘Irfān fī ‘Ulūm al-Qur’ān. Mesir: Dar al-Ihya.
Baba Jadul Haq. (2011). Al-Mujāz fi Ulūm Al-Qur’ān (hal. 19). Bogor: Daarul Uluum Printing.
Basri, M. M. (2008). Indahnya Tawakal (hal. 6). Surakarta: Indiva Pustaka.
Dasmarianti. (2023). Kaidah Al-Tikrār dalam Al-Qur’an. Tafasir, 1(1), 68–84.
Hidayat, D. (2010). Al-Balāghah lil Jamī’ wa Syawāhid min Kalāmil Badī’. Semarang: PT Karya Toha.
Ibnu ‘Ajībah. (n.d.). Tafsir Al-Baḥru Al-Madīd fi Tafsīr Al-Qur’ān Al-Majīd (Vols. 1, 3, 4, 5, 7, 8). Beirut: Daar Al-Kutub Al-‘Ilmiah.
Jarim, A., & Amin, M. (n.d.). Al-Balāghah al-Wādliḥah. Mesir: Dar al-Ma‘arif.
Keraf, G. (2001). Diksi dan gaya bahasa. Jakarta: Gramedia.
Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. (2019). Tafsir Ringkas Kemenag (hal. 459, 852, 893). Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.
M. Quraish Shihab. (2004). Mukjizat Al-Qur’an (hal. 260). Bandung: Mizan.
Manna’ Al-Qatthan. (n.d.). Mabahist fi Uluum Al-Qur’an (hal. 302).
Muhammad ibn Abdullah Az-Zarkasyi. (n.d.). Manahil Al-‘Irfan fi ‘Ulum Al-Qur’an (hal. 630, 632).
Muhammad ibn Muhammad Tanwikhiy. (2019). Aqshā Al-Qarīb (hal. 87). Mesir: Mahal Amin Al-Khanjiy.
Rahmawati, S. T. (2023). Pustaka Ulumul Qur’an. Jakarta: IIQ Press.
Rosihon Anwar. (2015). Ilmu Tafsir (hal. 98). Bandung: Pustaka Setia.
Safii, R., dkk. (2022). Uslub kalam khabar dan insya’. Jurnal ‘A Jamiy, 11(2), 395.
Umar ibn Sulaiman ibn Abdullah Al-Asyqar. (2012). Kitab At-Taqwa: Ta’rifuha wa Fadhluha (hal. 9). Yordania: Daar An-Nafais.
Budi, S., & Affandi, A. (2022). Perubahan arah kiblat dalam Al-Qur’an (studi Asbab al-Nuzul Qs al-Baqarah 144). Samawat: Journal of Hadith and …, 6.
Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51.
Romziana, L., Rahmaniyah, N. W., Kunci, K., Musa, N., Shihab, Q., & Al-Mishbah, T. (2021). Analisis kritis M. Quraish Shihab terhadap pengulangan kisah Nabi Musa dalam Al-Qur’an. Jurnal Islam Nusantara, 5(2), 103–115.














