IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK MELALUI PROGRAM TADABBUR AL-QUR’AN MA’HAD DARUL AZHAR WAL HIKMAH MALAYSIA
DOI:
https://doi.org/10.55558/al-ihda.v20i2.316Keywords:
Implementasi Penanaman Akhlak, Tadabbur Al-Qur'an, Ma'had Darul Azhar Wal HikmahAbstract
Degradasi akhlak di kalangan generasi muda menjadi isu global yang semakin mengkhawatirkan, ditandai dengan meningkatnya kasus perundungan, kekerasan seksual, dan penyimpangan moral lainnya, baik di Indonesia maupun di Malaysia. Al-Qur’an sebagai sumber utama ajaran Islam menegaskan pentingnya penanaman nilai-nilai akhlak, sebagaimana tercermin dalam keagungan akhlak Rasulullah ﷺ yang menjadi teladan utama bagi umat manusia. Salah satu metode efektif dalam upaya internalisasi nilai-nilai tersebut adalah tadabbur Al-Qur’an, yang menekankan perenungan dan penghayatan pesan-pesan moral dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi penanaman nilai-nilai akhlak melalui program tadabbur Al-Qur’an di Ma’had Darul Azhar Wal Hikmah Malaysia, dengan fokus pada nilai kejujuran, tanggung jawab, rendah hati, dan bersyukur. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tadabbur Al-Qur’an di Ma’had Darul Azhar Wal Hikmah telah diimplementasikan secara terstruktur dan berkesinambungan. Proses pembelajaran melibatkan pembacaan, pemahaman makna, diskusi, serta refleksi yang dipandu oleh ustadz sebagai teladan utama. Santri menunjukkan perubahan perilaku yang positif, di antaranya peningkatan kejujuran, tanggung jawab, sikap rendah hati, dan rasa syukur dalam kehidupan sehari-hari. Lingkungan pesantren yang kondusif, integrasi program dengan kurikulum, serta komitmen para pendidik menjadi faktor pendukung utama keberhasilan implementasi. Namun, terdapat hambatan berupa keterbatasan tenaga pendidik yang kompeten, variasi metode pembelajaran yang masih terbatas, serta pengaruh lingkungan luar pesantren seperti media sosial dan pergaulan bebas. Penelitian ini merekomendasikan penguatan pelatihan tadabbur bagi pendidik, inovasi metode pembelajaran, serta peningkatan kolaborasi antara pesantren, keluarga, dan masyarakat untuk mengoptimalkan penanaman nilai-nilai akhlak melalui tadabbur Al-Qur’an.
References
Al-Khatib et al., (2023). Etika Dunia Pendidikan Antara Teori, Harapan, Dan Realita. CV: Widina Media Utama. https://repository.penerbitwidina.com/publications/565160/etika-dunia-pendidikan-antara-teori-harapan-dan-realita.
Arifin, Z., Alim, A., & Kattani. (2020). Model Pembelajaran Tadabbur Al-Qur’an dalam Kitab At-Tibyan untuk Pondok Pesantren Tahfidz. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 171.
Creswell, J. W. (2016). Metode Penelitian. In Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents (pp. 38–61).
Hamid, E. S., & Susilo, Y. S. (2015). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta*. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi dan Pembangunan, 12(1), 45.
Hidayatun, N. (2023). Penerapan Adab-Adab Akhlak Pada Zaman Rasulullah. Journal of Creative Student Research, 1(2).
Idris, N. F. A., Sa’ad, F. M., & Arip, M. A. S. M. (2024). International Journal Of Education , Psychology Malaysia The Effect Of Cognitive Behavioral Therapy Bullying Prevention Module On Healthy Positive Thinking Among Secondary School Students In Malaysia.
Lesmana, I., Pamikiran, R. D. C. H., & Labaro, I. L. (2018). Produksi dan produktivitas hasil tangkapan kapal tuna hand line yang berpangkalan di Kelurahan Mawali, Kecamatan Lembeh Utara, Kota Bitung (Production and productivity of the tuna hand line fishing boat at Mawali Village, North Lembeh District, Bitung City. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Perikanan Tangkap, 2(6), 205–211.
Mansen, M. (2018). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Siswa Sekolah Menegah Kejuruan Swasta Kelas XI. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 3(1), 29–38.
Mochammad, I. (2019). Dekadensi Moral Di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi PAI Dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa. Edukasia Islamika, 1(Https://E-Journal.Uingusdur.Ac.Id/Edukasiaislamika/Issue/View/74), 1–20.
Pasaribu, A. K., Harahap, B. S., & Al-rasyid, H. (2025). Analisis Ta ’ kid AlMadh Bima Yusybih Al-Dzamm Danta ’ kid Al-Dzamm Bima Yusybih Al-Madh dalam Surah Al-Qolam Ayat 4 dan Surat Al Ma ’ un Ayat 4-5.
Ruslan, R., Elly, R., & Aini, N. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Siswa Di Sd Negeri Lampeuneurut. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD, 1(1), 68–77.
Singgih, V. (2024). Kejahatan: Kronologi kekerasan seksual terhadap anak-anak panti asuhan di Tangerang. Retrieved from https://www.bbc.com/indonesia/articles/c4g57kz79dgo.
Susanto. (2022). Catatan Pelanggaran Hak Anak Tahun 2021 dan Proyeksi Pengawasan Penyelenggaraan Perlindungan Anak Tahun 2022 | Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI. Retrieved from https://www.kpai.go.id/publikasi/catatan-pelanggaran-hak-anaktahun-2021-dan-proyeksi-pengawasan-penyelenggaraan-perlindungan-anak-tahun-2022.
Syifa, A., & Ridwan, A. (2024). Pendidikan Karakter Islami Di Era Digital: Tantangan Dan Solusi Berdasarkan Pemikiran Sosial Imam Al-Ghazali. Social Studies In Education, 2(2), 107–122.
Taufiq, M. (2020). Efektivitas Program Tadabbur Al-Qur an dalam Peningkatan Akhlak Siswa di MI Al-Fithrah Surabaya. Journal On Education, 02(04), 367–374.
Yuliani, F. (2019). Pengaruh Kebiasaan Tadabbur Al-Quran Terhadap Kecerdasan Spiritual Anggota Komunitas Tadabbur Quran. Jurnal Psikologi Islam, 6(2), 38.
Yusuf, Y. (2021). Dugaan Plagiasi Rektor UHO Kendari, Para Aktivis 98 Desak Menteri Nadiem Bertindak. Retrieved from https://daerah.sindonews.com/read/452746/174/dugaan-plagiasi-rektor-uhokendari-para-aktivis-98-desak-menteri-nadiem-bertindak-1623402382.














