IMPLEMENTASI ACTIVE LEARNING DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD IT CAHAYA UMMAT BONGKOK

Authors

  • Ulinnuha Zulfa Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Hidayatus Sholihah Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sultan Agung Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55558/alihda.v20i1.241

Keywords:

Active Learning, Character, Islamic Religious Education

Abstract

Penelitian ini berfokus pada tantangan yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam proses belajar mengajar yang belum maksimal. Banyak peserta didik yang masih kurang memahami ajaran Islam, yang bisa disebabkan oleh kurangnya partisipasi mereka atau metode mengajar yang kurang menarik. Oleh karena itu, metode active learning dipilih sebagai solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI, baik di dalam maupun di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan active learning dalam pembelajaran PAI di SD IT Cahaya Ummat Bongkok, serta dampaknya terhadap karakter peserta didik. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji faktor pendukung dan penghambat dalam penerapannya. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analisis. Data diperoleh dari wawancara dengan kepala sekolah dan guru PAI, serta hasil observasi dan dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan active learning relevan untuk diterapkan pada pembelajaran PAI, penerapan dari pembelajaran aktif tersebut berhasil dalam membentuk karakter religius, moral, dan disiplin pada peserta didik.

References

A B Tjahjono et al. “Pendidikan Agama Islam Dalam Bingkai Budaya Akademik Islami (BUDAI),” 6–7. CV. Zenius Publisher, 2023, 2023.

Abdul Majid, Dian Andayani. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep Dan Implementasi Kurikulum). Cet, 2006, n.d.

Agustin, Rosiana Niken, Sri Utaminingsih, and Lovika Ardana Riswari. “Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas Vi Melalui Kultur Sekolah.” Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan 30, no. 1 (2024): 1. https://doi.org/10.24114/jpbp.v30i1.55059.

Ahmad muflihin et al. “Pendidikan Agama Islam Dalam Bingkai Budaya Akademik Islami (BUDAI),” n.d.

Akmal, S, and E Yusnaldi. “Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13, no. 3 (2024): 2995–3004.

Aksin Nuruh Huda, Muhammad Anas Ma`arif. “Implementation of Active Learning in Aqidah Akhlak Subjects Implementasi.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 13, no. 1 (2018): 25. https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i1.2779.

Aminah, Aminah, Hairida Hairida, and Agung Hartoyo. “Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 5 (2022): 8349–58. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3791.

Amzir. “Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data Penelitian Kualitatif Model Miles Dan Huberman.” Academia. Edu, 2024, 37.

Asep A. Aziz, Ajat S. Hidayatullah, Nurti Budiyanti, Uus Ruswandi. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) DI Sekolah Dasar.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam 18, no. 20 (2020): 112. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i02.365.

Baginda, Mardiah. “Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 10, no. 2 (2018): 1–12. https://doi.org/10.30984/jii.v10i2.593.

Bahasa, Jurnal, and Ika Supriyati. “Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas Viii Mtsn 4 Palu” 5, no. 1 (2020).

Bausad, Andi Anshari, and Arif Yanuar Musrifin. “Analisis Karakter Peserta Didik Kelas V Pada Pembelajaran Penjaskes Di Sekolah Dasar Negeri Se Kota Mataram.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 1, no. 2 (2019). https://doi.org/10.58258/jisip.v1i2.186.

Dede, Nahdi salim, Yonanda devi Afriyuni, and Agustin nurul Fauziah. “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa.” Jurnal Cakrawala Pendas 4, no. 2 (2018): 9–16.

Dewi, Dinie Anggraeni, Solihin Ichas Hamid, Farah Annisa, Monica Oktafianti, and Pingkan Regi Genika. “Menumbuhkan Karakter Siswa Melalui Pemanfaatan Literasi Digital.” Jurnal Basicedu 5, no. 6 (2021): 5249–57. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609.

Dkk, Dimiyati. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005, n.d.

Firmansyah, Mokh Iman. “Pendidikan Agama Islam Pengertian Tujuan Dasar Dan Fungsi.” Urnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim 17, no. 2 (2019): 79–90.

Fitri, Anggi. “Pendidikan Karakter Prespektif Al-Quran Hadits.” TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam 1, no. 2 (2018): 258–87. https://doi.org/10.52166/talim.v1i2.952.

Hal, Yusleni, Khidmat Jurnal, and Ilmu Sosial. “Implementasi Metode Pembelajaran Aktif Oleh Guru PAI Dalam Meningkatkan” 2, no. 1 (2024): 174–78.

Indriana, Vera. “Implementasi Active Learning Strategy Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Islam Al-Waroqot Pamekasan” 4, no. 1 (2022).

Jurnal, Risalah, Muhammad Fatchur Islam, Rochim, and Moch Tolchah. “Ruang Lingkup Materi Pendidikan Agama Islam Dalam Al -Quran” 10, no. 3 (2024): 1228–41.

Kulsum, Ummi, and Abdul Muhid. “Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Digital.” Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 12, no. 2 (2022): 157–70. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2287.

Muhammad, Nur Hasib, and M. Ali Musyafa’. “Penguatan Nilai-Nilai Religius Sebagai Karakter Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Pai Di Mts Assa’Adah I Bungah Gresik.” Kuttab 6, no. 2 (2022): 195. https://doi.org/10.30736/ktb.v6i2.1140.

Mun, Abdul, Giantomi Muhammad, and Uus Ruswandi. “PAI ( Islamic Religious Education ) Teacher in Facing The Millenial Era Challenges Educating Oneself Is a Unique and Essential Part of Human Life . It ’ s Impossible for Culture or Civilization to Exist , Much Less Progress , without the Availability of E.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 13, no. 1 (2022): 47–62.

Nufus, S, A Ismayani, and H Habibati. “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Aktif Peserta Didik Kelas XI MAN 3 Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan … 8, no. 1 (2023): 29–35.

Nurlaelah, Nurlaelah, and Sifa Nur Aisyah. “Implementasi Active Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pai Di SMP IT Darussalam Makassar.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 9, no. 3 (2023): 2143–48. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5805.

Papasi, Jafarhari. “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Di SMP Negeri I Totikum Sulawesi Tengah.” Jurnal Paedagogy 7, no. 4 (2020): 339. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2879.

Prijanto, Jossapat Hendra, and Firelia De Kock. “Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 11, no. 3 (2021): 238–51.

Rifki, Muchamad, Sofyan Sauri, Aam Abdussalam, Udin Supriadi, and Miptah Parid. “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Metode Keteladanan Guru Di Sekolah.” Jurnal Basicedu 7, no. 1 (2023): 89–98. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4274.

Rofiah, Ayu. “Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Pembelajaran Pai Untuk Meningkatkan Komunikasi Peserta Didik Pada Abad 21 Sd Negeri 1 Sumber Harta,” 2024.

Sakti, Bayu Purbha. “Indikator Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar.” Magistra Unwidha Klaten 30, no. 101 (2017): 1.

Semiawan, Conny. Pendekatan Ketrampilan Proses: Bagaimana Mengaktifkan Siswa Dalam Belajar? (Jakarta: PT Gramedia, 2016),10., n.d.

Sudarto. “Dasar-Dasar Pendidikan Islam.” Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan Islam 6, no. 1 (2020): 56–66.

Sugiyono. Metode Penelitian Dan Pengembangan. 2nd ed., 2015.

Suharsimi, Arikunto. “Prosedur Penelitian” 2, no. 3 (2010): 211–13.

Taufik, Ahmad, and Muhamad Akip. “Pembentukan Karakter Disiplin Bagi Siswa.” Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 11, no. 2 (2021): 122–36. https://doi.org/10.33367/ji.v11i2.1674.

Ummah, Masfi Sya’fiatul. “Pendidikan Agama Islam.” Sustainability (Switzerland) 11, no. 1 (2019): 1–14.

Wella Ayu Ningkrum, Hidayatus Sholihah. “Kreativitas Guru PAI Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Di Era Pandemi Covid-19 Di SMPN 02 Juwana.” Prosiding Seminar Nasional Konstelasi Ilimiah Mahasiswa Unisulla (KIMU) Klaster Humaniora, 2021, 120–27.

Yayat Sudrajat. “Implementasi Pembelajaran Aktif” 11, no. 2 (2020): 142-167.

Zakiah Daradjat. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Downloads

Published

2025-05-27

How to Cite

Ulinnuha Zulfa, & Hidayatus Sholihah. (2025). IMPLEMENTASI ACTIVE LEARNING DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD IT CAHAYA UMMAT BONGKOK. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 20(1), 1820–1832. https://doi.org/10.55558/alihda.v20i1.241

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.